Jambi (Antaranews Jambi) - Ribuan warga Kota Jambi dan daerah sekitarnya memadati Tugu Keris Siginjei untuk menyaksikan rangkaian hiburan perayaan malam pergantian tahun yang digelar pemerintah kota setempat, Minggu malam.

Tugu Keris Siginjei yang merupakan revitalisasi dari sebelumnya tugu jam itu, telah menjadi ikon baru di Kota Jambi dan sengaja diresmikan untuk masyarakat umum pada malam pergantian tahun.

"Kebetulan lihat peresmian, karena sebelumnya penasaran dengan bentuk tugu baru Keris Siginjei," kata Krisna (27) warga Kota Jambi.

Peresmian ikon baru yang dinilai akan menjadi kebanggan masyarakat Jambi itu diresmikan Wali Kota Jambi Sy Fasha sebelum menutup tahun 2017.

"Keris Siginjei ini memiliki sejarah yang tidak bisa dipisahkan dengan berdirinya dan kejayaan Tanah Pilih Pusako Betuah saat itu," kata Fasha saat meresmikan tugu tersebut.

Setelah diresmikan, Tugu Keris yang terletak di simpang empat Komplek Perkantoran Balaikota Jambi, memancarkan cahaya lampu aneka warna yang dikombinasikan dengan gemercik air mancur di bawahnya.

Sementara itu, paskadiresmikan itu, warga yang sudah menunggu sejak pukul 20.00 WIB itu, langsung swa-foto dengan latar lampu dan taman serta instalasi dan sejumlah ornamen di bawah tugu itu.

Keris siginjai itu dibuat seluruhnya menggunakan bahan tembaga murni sepanjang sembilan meter dan memiliki berat mencapai 900 kilogram terpasang di atas tugu.

Keris siginjai yang dipasang di tugu tersebut langsung dibuat oleh perajin asal Yogyakarta.

Tugu keris siginjai yang dibangun menelan anggaran sekitar Rp3,5 miliar dan menggantikan tugu jam di kawasan kota baru tersebut, dinilai akan menjadi ikon baru bagi Kota Jambi.

"Saya minta agar masyarakat untuk sama-sama menjaga ikon kebanggan kita semua ini," kata Fasha menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018