Muarabulian, Antaranews Jambi – Sebanyak 124 desa dan kelurahan di Kabupaten Batanghari pada tahun 2018  akan mendapat bantuan  keuangan masing-masing  Rp120 juta  dari Pemerintah Provinsi Jambi.

"Total ada Rp120 juta bantuan keuangan yang akan diterima desa dan kelurahan. Pertama bantuan keuangan pada tahun 2017 lalu yang disilpakan dan bantuan keuangan pada tahun 2018 ini," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa M Fadhil Arief di Muarabulian, Senin.

Bantuan keuangan dari pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2017 yang lalu tidak dapat direalisasikan dikarenakan waktu penyalurannya yang telah memasuki akhir tahun sehingga harus di silpakan.

Sehingga pada tahun 2018 ini desa dan kelurahan akan merealisaikan dua periode bantuan keungan, yakni bantuan keuangan pada tahun 2017 yang lalu dan bantuan keuangan Provinsi Jambi tahun 2018 ini.

M Fadhil mengatakan saat ini pemerintah desa telah menyusun APBDes, nantinya di dalam APBDes tersebut akan tercantum penggunaan Bantuan Keuangan Provinsi Jambi tahun 2017 yang disilpakan dan bantuan keuangan Provinsi Jambi tahun 2018.

Saat ini pemerintah daerah itu juga tengah menyusun peraturan bupati terkait penggunaan bantuan keungan tersebut. Harapannya bantuan keuangan tersebut dapat digunakan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola.

"APBDes  telah di bahas dan menunggu pengesahan, jika telah di sahkan maka bantuan keuangan tahun 2017 yang disilpakan dapat digunakan karena saat ini uang tersebut telah berada di kas desa," kata M Fadhil.

Sementara itu untuk bantuan keuangan Provinsi Jambi pada tahun 2018 akan dapat direalisasiakan jika APBDes telah disahkan dan syarat-syarat kelengkapan telah di lengkapi oleh Bupati Batanghari.

Salah satunya penyampaian APBD Kabupaten Batanghari kepada Pemerintah Provinsi yang didalamnya tercantum transfer bantuan keuangan Provinsi Jambi dari Pemerintah Provinsi ke kasda yang akan di teruskan ke kas desa. Kemudian surat pernyataan dari bupati yang menyatakan bahwa kegiatan realisasi Bantuan keuangan tersebut akan di laksanakan di desa dan kelurahan yang ada di daerah itu. 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018