Jambi, Antaranews Jambi - Sebanyak delapan pasangan bakal calon yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tiga daerah di Provinsi Jambi, menjalani psikotest secara serentak di Rumah Sakit Umum Daerah (RDUD) Raden Mattaher Jambi, Sabtu.

Pantaua Antara, tes kejiwaan dan rohani atau psikotest itu, dilaksanakan di ruangan Diklat dan Penelitian RSUD Raden Mattaher Jambi.

Pihak penyelenggara pemilu atau KPU menggandeng organisasi profesi HIMPSI cabang Jambi, merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog).

Dalam psikotest peserta Pilkada tersebut terbagi menjadi dua tahap, yakni psikosest tertulis dan wawancara.

Kemudian setelah beberapa jam menjalani psikotest tertulis, semua bakal calon kepala daerah menuju ruangan General Check Up untuk mengikuti psikotes selanjutnya atau tahap wawancara.

Psikotest tersebut merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh pasangan bakal calon sebelum ditetapkan menjadi calon untuk maju dalam pemilu serentak.

Di Provinsi Jambi terdapat tiga daerah yang mengikuti Pilkada serentak 2018, yakni Kabupaten Kerinci, Merangin dan Kota Jambi.

Pilkada di Kabupaten Kerinci diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar, yakni Monadi- Edison, Adirozal-Ami Taher, dan Zainal Abidin-Arsal Apri.

Kemudian di Kabupaten Merangin, juga diikuti tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, yakni Al haris-Mashuri, Nalim-Khafid, Fauzi Ansori-Sujarmin.

Sedangkan Pilkada di Kota Jambi yang merupakan Ibukota Provinsi Jambi itu, hanya diikuti dua bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Abdullah Sani-Kemas Alfarizi dan Syarif Fasha-Maulana.

Sementara itu, dalam pelaksanaan psikotest itu tampak tim sukses dari masing-masing bakal calon mendampingi, dan sejumlah aparat kepolisian tampak berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Meskipun di rumah sakit milik pemerintah RSUD Raden Mattaher dilaksanakan sejumlah rangkaian tes kesehatan hingga psikotest yang dimulai 11--13 Januari 2018 itu, kegiatan rumah sakit dan pelayanan pasien tidak terganggu.





Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018