Jambi, Antaranews Jambi - Stasiun Metrologi Kelas I Sultan Thaha Jambi menyatakan hasil pemantauan cuaca adanya tekanan tinggi di utara khatulistiwa dan siklon tropis "Joyce" dengan pusat tekanan rendah 990 hPa di perairan barat Australia.  

Hal itu menimbulkan perbedaan gradien tekanan yang mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di wilayah Indonesia bagian barat.  

Untuk satu pekan ke depan cuaca di wilayah Provinsi Jambi umumnya cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang disebagian wilayah provinsi Jambi pada malam dan dini hari.  

Angin permukaan di wilayah Provinsi Jambi umumnya bertiup dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 40 kilometer per jam. 

Sedangkan Tinggi gelombang laut rata-rata di Perairan Timur Jambi berkisar antara 0,5 meter hingga 3 meter.  

BMKG mengeluatkan rekomendasi dan peringatan dini perlu diwaspadai potensi angin kencang di seluruh wilayah provinsi jambi yang dapat mencapai 40 km per jam. 

Sementara untuk masyarakat dan nelayan yang tinggal di sekitar pesisir Timur Jambi waspadai kenaikan tinggi gelombang yang dapat mencapai 2 meter hingga 3 meter di Selat Berhala dan Perairan Kep. Lingga. (BMKG) 


Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018