Jambi, Antaranews Jambi - Kesebelasan Kabupaten Batanghari menjadi juara Piala Gubernur Jambi 2018 setelah menaklukan Kabupaten Muarojambi 2-1 (1-1) pada laga final yang berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang, Kota Jambi, Sabtu (20/1).

Final Gubernur Cup 2018 saksikan langsung Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dan belasan ribu penonton pendukung kedua kesebelasan, sehingga semua tribun Stadion KONI Jambi itu pun penuh.

Pada babak pertama laga final tersebut, kesebalasan Muarojambi lebih dulu unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan pemain sayap kiri Muarojambi, Doni Kusuma pada menit ke-40.

Tertinggal satu gol, kesebelasan Batanghari langsung memberikan perlawanan dengan permainan tempo yang menyerang sebelum turun minum, namun masih mampu diantisipasi lini pertahanan Muarojambi.

Dengan tampil agresif, pemain lini depan Batanghari mencoba mendobrak pertahanan Muarojambi. Tempo permainan mulai meningkat dan pemain bertahan Muarojambi melakukan pelanggaran di kotak penalti sehingga Batanghari memperoleh tendangan penalti pada menit ke-43.

Ade Sutrisna yang bertindak menjadi algojo gagal mencetak gol setelah bola mampu ditepis penjaga gawang tim Muarojambi, Rivaldo. Namun baru semenit kemudian Batanghari kembali mendapat hadiah penalti karena pemain belakang Muarojambi melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Pada kesempatan penalti kedua , Septian Armika selaku eksekutor berhasil mencetak gol dari titik putih pada menit ke-45 dan hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir skor imbang 1-1.

Memasuki babak kedua pertandingan laga final itu semakin sengit karena kedua tim saling serang dan mencoba menembus pertahanan dengan menampilkan permainan apik.

Dengan bermain pola menyerang, Batanghari mampu mengubah keadaan dan Setpian Amrika kembali mencetak gol keduanya pada laga final itu setelah tembakannya menit ke-45 menembus gawang Rivaldo sehingga merubah kedudukan menjadi 2-1.

Tertinggal 2-1, tim kesebelasan Muarojambi merubah pola permainan dengan fokus menyerang sehingga sesekali membuat kerepotan pemain belakang Batanghari.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan , skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan tim berjuluk "Bujang Jantan" itu, dengan hasil tersebut tim kesebelasan Batanghari menjadi juara sekaligus berhak atas Piala Gubernur Jambi 2018.

Kabupaten Batanghari berhasil membawa pulang piala bergilir Gubernur Cup dan uang pembinaan sebesar Rp25 juta serta tropi. Kabupaten Muarojambi sebagai runner-up memperoleh hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp20 juta. Sedangkan pada juara ketiga, tim kesebelasan Tanjungjabung Barat membawa pulang tropi dan uang pembinaan sebesar Rp15 juta, dan Kerinci juara IV sebesar Rp10 juta.

Usai pertandingan final itu selesai, sempat terjadi kericuhan karena pendukung Muarojambi meringsek ke lapangan dan mencoba menyerang tim kesebalan Batanghari. Namun kericuhan itu cepat diredam aparat keamanan. ***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018