Jambi, Antaranews Jambi - Cempedak atau nangka berukuran 'mini' tengah musim di Jambi yang dalam beberapa pekan terakhir banyak dijual di kios buah-buahan di kota itu. 

Salah satunya di sepanjang Jalan Pangeran Hidayat, kawasan Telanai serta di sejumlah titik lainnya, termasuk di pasar Angso Duo Kota Jambi.

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari family yang sama dengan Nangka yaitu Moraceae.

Bentuk buah, rasa dan baunya seperti buah nangka, namun  aromanya kerap kali menusuk seperti  buah durian. Tekstur buahnya jugs lebih lunak dan mudah hancur dibandingkan dengan nangka biasa.

Ada perbedaan pada bagian batang, daun, kulit buah, bentuk buah, biji, aroma, dan rasa. Daun buah  cempedak sedikit lebih  kasar dan ditumbuhi bulu-bulu sedangkan daun nangka halus dan bersih.

Di Kota Jambi, cempedak hadir di kios buah buahan seusai musim durian lokal Jambi. Harga cempedak dijual mulai harga Rp5.000 hingga Rp30.000 tergantung ukurannya.

"Saya jual yang sudah mateng, kami beritahu pembeli agar tidak kecewa. Mereka ada yang dibuka dan dimakan di sini, namun kebanyakan dibawa ke rumah," kata Awandi, seorang pedagang cepedak di Jalan Pangeran Hidayat Jambi.

Selain dimakan langsung, cempedak juga bisa dipasak dengan cara digoreng atau dibuat bubur atau wajik.***

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018