Jambi, 7/2 (Antara) - Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Tanjungjabung Barat Provinsi Jambi  menggelar patroli bersama di wilayah binaan mereka di Desa Teluk Sialang, Kecamatan Tungkal Ilir Tanjabar sebagai wujud sinergitas TNI-Polri.

Sinergitas Polri - TNI bukan hanya ditingkat pimpinan namun  di lapangan  bisa dilakukan. Salah satu  contohnya digelarnya patroli bersama di wilayah kerja, kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi di Jambi,  Rabu.

Bukti kerjasama itu dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Teluk Sialang Polsek Tungkal Ilir Polres Tanjung Jabung Barat, Bripka Cipta Anggara dengan Babinsa Teluk Sialang, Serka Edi Sofyan.

Demi terwujudnya kondusifitas wilayah desa binaannya, keduanya aparat menjalin soliditas (kekompakan) dalam melaksanakan patroli dialogis di kawasan pemukiman penduduk.

Dalam kesempatan tersebut, mereka menggelar dialog dengan warga di RT 02, Desa Teluk Sialang, dan itu kegiatan rutin dilakukan dengan mengilir dearah lainnya di wilayah kerja mereka.

Dua abdi negara tersebut memiliki peran masing-masing sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas pada jajaran Polsek dan Koramil.

Dari masing-masing kesatuan ini, memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kondusivitas di wilayah hukum (wilkum) di daerah Tungkal Ilir.

Dalam kesempatan terpisah Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Sumarno Berutu, mengapresiasi kegiatan bersama tersebut dan dia berharap dapat terjalin keakraban dalam komunikasi untuk mampu memperkokoh sinergitas TNI-Polri.

"Kegiatan tersebut sangat efektif untuk menyerap aspirasi dan keluhan dari masyarakat melalui sambang patroli dialogis," katanya.

Selain itu apabila ada gesekan yang berpotensi akan menimbulkan permasalahan, para abdi negara ini akan cepat mencarikan solusinya dan dengan demikian, dalam penyelesaian setiap permasalahan tidak berkembang sehingga dapat mengganggu harkamtibmas.

Menurutnya, dalam melaksanakan kegiatannya, dua personil abdi negara ini juga menekankan pada warga agar dapat pro aktif untuk mengenal dan mendata setiap ada warga penduduk pendatang baru di lingkungannya dan melaporkan ke ketua RT/RW setempat.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018