Jambi, Antaranews - Pemkot Jambi mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kota itu naik kelas salah satunya dengan mendirikan  Gedung Dekranasda Kota Jambi, yang akan dijadikan etalase berbagai produk unggulan pelaku UMKM.

Gedung Dekranasda di Jalan Sudirman The Hok Kota Jambi diresmikan pada Rabu (7/2) dan akan menjadi  menjadi sentra destinasi "one stop shopping" bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Jambi.

Kota Jambi menjadikan UMKM sebagai basis dan motor penggerak ekonomi unggulan.

Secara simbolis Ketua Dekranasda Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha di dampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jambi Ny. Irene Fauzi Dalimunthe memotong pita peresmian Gedung Dekranasda Kota Jambi.

Gedung yang terletak strategis di Jalan Sudirman The Hok tersebut, diharapkan menjadi etalase berbagai produk unggulan khas Kota Jambi dan akan menjadi pusaran hadirnya berbagai bentuk ekonomi kreatif di Kota Jambi.

"Kami ingin tempat ini menjadi destinasi belanja dengan konsep "one stop shopping" bagi pengunjung dan wisatawan. Kita ingin seluruh produk UMKM, baik itu makanan, kerajinan batik, songket, gift, souvenir, dan produk ekonomi kreatif lainnya, lengkap ada disini. Dekranasda akan kami jadikan etalase seluruh produk kreatif Kota Jambi," kata Fasha

Masih menurut Fasha, tantangan saat ini adalah meningkatkan daya saing serta kreatifitas dari pelaku IKM di Kota Jambi agar dapat berbicara di level nasional.

"Tantangan saat ini yang harus dijawab oleh UMKM adalah menciptakan inovasi, berkreasi dan menciptakan pembeda," kata dia.

UMKM pada dasarnya adalah ekonomi kreatif yang harus banyak melahirkan kreasi, banyak bermimpi, mencipta dan jangan pernah takut gagal. Saya punya mimpi Batik Jambi jadi penghulu di Sumatera karena kita punya ciri khas, pembeda dengan yang lainnya.

"Ayo jadikan Dekranasda ini jadi wadah anak muda untuk berkreasi dan kita jadikan UMKM selalu naik kelas ke level yang lebih tinggi," ajak Fasha.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018