Jambi (Antaranews Jambi) - Bhabinkamtibmas dari kepolisian bersama Babinsa anggota TNI melakukan patroli bersama ke areal perkebunan milik warga maupun perusahaan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi di Jambi, Jumat mengatakan upaya yang dilakukan anggota kepolisian dan TNI di beberapa daerah sudah sesuai dengan penegasan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS yang meminta seluruh anggota kepolisian didaerah untuk terus memantau dan mengawasi serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan didaerahnya.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dari TNI yang bertugas di Kabupaten Muarojambi, tepatnya dikawasan Kumpeh Ilir melaksanakan patroli bersama guna mencegah terjadinya karhutla.

Kedua petugas dari kepolisian dan TNI itu bersama-sama melaksanakan patroli di perkebunan rarga yang dilakukannya pada Kamis (22/2) sekira pukul 11.30 WIB, Bhabinkamtibmas Bripka Mawardi dari Polsek Kumpeh Ilir Polres Muarojambi melaksanakan patroli pencegahan karhutla di perkebunan Warga Desa Sei Aur Kecamatan Kumpeh.

Bhabinkamtibmas tersebut melaksanakan patroli tersebut bersama-sama Babinsa Sertu Erie R di lingkungan perkebunan warga yang ada di Desa Sei Aur, guna mencegah Karhutla.

Kegiatan patroli dilakukan dari dititik beratkan diseputaran perkebunan warga yang rawan kebakaran. Pada kesempatan tersebut, mereka menghimbau kepada masyarakat yang mengelolah lahan untuk tidak melakukan pembakaran baik dalam skala kecil ataupun besar.

Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan patroli tersebut, selain guna mencegah terjadinya Karhutla di Desa Sei Aur Kecamatan Kumpe juga agar terjalinnya silahturahmi dan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Pada saat dikonfirmasi Kapolres Muarajambi AKBP Dedi Kusuma Siregar, membenarkan kegiatan patroli Bripka Mawardi personel dari Polsek Kumpe Ilir bersama anggota TNI dari Babinsa untuk bersama-sama meningkatkan patroli Karhutla di perkebunan warga setempat guna cegah Karhutla.

Kemudian lagi kepolisian juga mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran pada saat membuka lahan pertanian karena perbuatan tersebut melanggar aturan perundang-undangan, kata Kapolres Muarajambi, Dedi Kusuma.

Sementara itu di Kecamatan Muarosebo Kabupaten Muarojambi, kata Kuswahyudi Tresnadi juga menggelar pencegahan Karhutla dimana Kapolsek Marosebo Iptu B Made Oka Wijaya bersama dengan anggotanya Bhabinkamtibmas memantau titip api di Desa Danau Lamo.

Pemantauan dilakukan langsung ke areal perkebunan milik PT PMG di desa Danau Lamo Kecamatan Marosebo Kabupaten Muarojambi.

Kegiatan itu dilaksanakan guna mengantisipasi Karhutla di wilayah hukum Polsek Marosebo, agar perusahaan yang memiliki lahan perkebunan dapat selalu waspada dan siap siaga dengan peralatan karhutla yang sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan, kata Kuswahyudi Tresnadi.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018