Jambi, Antaranews Jambi - Ruas Jalan Buluran Kenali atau Jalan KH A Madjid dan Jalan Siwabesy Kota Jambi menjadi kawasan yang memiliki "Pertamini" atau penjual eceran BBM,  terbanyak dan terpadat di Kota Jambi.

Tidak kurang dari 25 buah gerai "Pertamini" berjejer di jalan yang merupakan akses dari kawasan Telanai Kota Jambi menuju ke Jembatan Aurduri dibentangan Sungai Batanghari.

Pertamini merupakan plesetan bagi para penjual eceran BBM jenis premium dan pertalite. Mereka menggunakan pompa khusus dengan cara diengkol atau diputar untuk mengisi takaran BBM-nya yang bisa dilihat secara transparan oleh konsumen

Hal itu yang membedakan dengan para penjual BBM eceran biasanya yang hanya menggunakan takaran besi yang kemudian ditumpahkan ke dalam lubang tanki BBM kendaraan.

Populasi Pertamini yang padat di kawasan Buluran, menjadi salah satu keunikan di Kota Jambi. Karena ruas jalur lainnya tidak ditemui penjual BBM eceran atau Pertamini dengan jarak serapat di kawasan bantaran Sungai Batanghari dan Danau Sipin itu.

Sepanjang perjalanan sekitar empatkilometer dari kawasan Jembatan Aurduri I hingga ke Telanai, gerai Pertamini berjejer di kiri dan kanan jalan.

Bahkan tidak jarang jarak mereka bertetangga atau berdekatan, namun hal itu tidak menjadi masalah buat mereka berjualan.

Jauhnya lokasi SPBU dari tempat itu, menjadi salah satu keuntungan bagi mereka untuk bisa menjalankan usahanya.
 



 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018