Jambi, Antaranews Jambi - Perangkat Automated External Defibrillator (AED) disiapkan di semua bandar udara, termasuk di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi untuk pertolongan terhadap orang yang mengalami serangan jantung.

Berdasarkan literasi perangkat AED yang disiapkan khusus oleh Kementerian Kesehatan RI itu ditempatkandi di lokasi strategis bandara.

AED berbentuk seperti almari kecil vertuliskan "AED) dan gambar  jantung  dengan latar warna merah. Kemudian di dalamnya terdapat tas berisi perangkat pertolongan serta di bagian bawahnya terdapat enam gambar panduan penggunaan fasilitas itu.

AED merupakan mesin defibrillator portabel yang bisa berfungsi membacairama jantung dan memberikan shock atau aliran listrik bila jantung membutuhkan arus listrik untuk dapat bekerja kembali.

Perangkat itu membaca sendiri irama jantung pasien, dan memastikan kapan pasien membutuhkan arus listrik. Dan penoling atau masyarakat yang memberi pertolongan tinggal mendengarkan instruksi dari mesin itu.

Perangkat ini tak hanya digunakan oleh paramedis, tapi didesain untuk bisa digunakan oleh siapapun dengan mendengatkan petunjuk dari mesin itu.(berbagai sumber)


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018