Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro mengawal tahapan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019 di daerah itu hingga ke tingkat pusat.

Bupati Masnah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional PKH tingkat nasional yang dibuka Oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Jakarta, Kamis (3/5).

"Rapat itu membahas program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga atau seorang miskin yang rentan dipastikan harus terdaftar pada data terpadu program penaganan dalam program PKH," kata bupati.

Ia menyebutkan, data-data yang ada dari daerah oleh pemerintah pusat didata dan informasi kesejahteraan sosial itu menjadi bahan dan data untuk ditetakan sebagai keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan.

Menurut dia tujuan PKH untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melaluai akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu mengurangi beban pengeluaran serta meningkatkan pendapatan orang miskin.

"Program ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat  penerima manfaat di Kabupaten Muarojambi, pemerintah daerah terus mengawal dan memastikan efektifitas program ini terus meningkat," kata Masnah.

Dalam kesempatan itu dipaparkan dan dibahas sistem penyaluran PKH tahun 2019 serta dilakukan penyesuaian data penerima manfaat PKH di setiap daerah sehingga sinkron dan tepat sasaran.

"Program PKH sangat membantu dan memberdayakan, sebagai upaya untuk meningkatkan tarap hidup melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat. Ada banyak program yang muaranya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Program itu, disinergikan dengan berbagai program sejenis yang ada di daerah yang digulirkan baik oleh lembaga pemerintah, komunitas dan stakeholder lainnya.

Rakor PKH nasional itu juga dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dari seluruh Indonesia.
 

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018