Barcelona gantikan Madrid sebagai brand sepak bola terkuat dunia

Minggu, 13 Mei 2018 7:48 WIB

Jakarta (Antaranews Jambi) - Barcelona menggantikan Real Madrid sebagai brand sepak bola paling kuat di dunia, demikian kesimpulan sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan konsultansi Brand Finance.

Madrid masih bisa mengakhiri musim ini dengan gelar juara Liga Champions yang ketiga kali berturut-turut namun sukses domestik Barca, bersamaan dengan sejumlah kesepakatan kesponsoran baru, telah membuat Barca menyisihkan musuh bebuyutannya itu

Ernesto Valverde telah mengantarkan Barca juara liga dan dua piala domestik, sedangkan di luar lapangan mereka mengikat kesepakatan kesponsoran dengan perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten, senilai 246 juta euro selama empat tahun.

"Setelah satu musim di mana mereka di atas angin dalam sepak bola domestik dan diuntungkan oleh kesepakatan kesponsoran yang kuat, kekuatan brand Barca pun naik --dari 95,4 sampai 96,6--, sedangkan Real tidak berubah pada 96,4, meskipun memiliki penampilan hebat dalam kompetisi Eropa," jelas Brand Finance seperti dikutip laman ESPN.

Baca juga: Real Madrid pesta enam gol tanpa balas melawan Celta Vigo

Naiknya Barcelona sebagai brand sepak bola paling kuat di dunia ini juga didorong oleh umpan balik yang hebat dari penggemarnya di China, India, dan Amerika Serikat, kata lembaga itu lagi.

Barca dan Madrid bergabung dalam lima besar bersama Manchester United (94,6), Bayern Muenchen (93,1) dan Liverpool (92,2).

Tapi duo Spanyol ini akan kesulitan pada tahun-tahun mendatang karena Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang sekarang ini masing-masing berusia 30 dan 33 tahun, akhirnya pensiun dari sepak bola.

Baca juga: Atletico finis urutan dua klasemen setelah tekuk Getafe 1-0
 

Pewarta: -

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018

Terkait
Terpopuler