Jambi ( Antaranews Jambi ) - 12 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Batanghari akan terapkan sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. 

"Dari 203 SD negeri ada sembilan sekolah SD negeri yang akan melaksanakan PPDB secara Online, dan dari 46 SMP negeri ada 3 Sekolah SMP negeri yang akan menerapkan PPDB secara online," kata M Yanuar Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari M Yanuar di Muarabulian, Senin. 

Tiga sekolah SMP negeri yang akan menerapkan PPDB secara online tersebut diantaranya SMP negeri 3 Batanghari, SMP negeri 19 Batanghari dan SMP negeri 21 Batanghari. 

Sekolah-sekolah yang akan menerapkan PPDB secara online tersebut merupakan sekolah yang berada di Kecamatan Muarabulian. Sementara sekolah-sekolah di kecamatan lain dalam daerah itu menerapkan PPDB secara off line atau manual. 

"Sekolah yang menerapkan PPDB secara off line atau manual tersebut tidak dapat melaksanakan PPDB secara online dikarenakan terkendala jaringan internet," kata M Yanuar. 

12 sekolah yang menerapkan PPDB secara online tersebut merupakan percobaan untuk mengatasi pemerataan peserta didik di setiap sekolah di daerah itu. Karena selama ini peserta didik banyak yang memilih sekolah-sekolah favorite, sehingga sekolah lain kekurangan peserta didik. 

Selain itu, untuk mengatasi pemerataan peserta didik di setiap sekolah, sistem PPDB menggunakan sistem zonasi, sehingga siswa-siswi yang berdomisili di sekitar lingkungan sekolah lebih di prioritaskan. 

Sementara untuk sekolah swasta di daerah itu masih menggunakan sistim off line pada PPDB tahun ajaran 2018/2019 ini. 

"PPDB secara online akan di mulai dari tanggal dua sampai tanggal enam juli 2018, sementara PPDB secara off line akan di mulai dari tanggal dua sampai tanggal tujuh juli 2018," kata M Yanuar menambahkan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018