Jambi (Antaranews Jambi) - Pondok Pesantren Riyadhul Mutaqin Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi menjadi salah satu kesebelasan sepakbola yang mewakili Jambi untuk berlaga di Liga Santri Nusantara (LSN) 2018 tingkat nasional di Solo, Jawa Tengah September mendatang. 
     
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi di Jambi, Wahyudi di Jambi, Senin, mengatakan Ponpes Riyadhul Mutaqin mewakili Jambi karena berhasil menjadi juara di ajang LSN Wilayah Regional Sumatera VI tahun 2018 yang digelar di Jambi.
     
"Dengan penyelenggaran LSN ini diharapkan dapat menumbuhkan minat atau bakat santri dalam persepakbola nasional serta berharap lahir pemain bola yang handal yang membanggakan Indonesia," katanya.
     
Menurutnya sepak bola bukan hanya menyalurkan hobi saja, tetapi juga akan meningkatkan kualitas, sikap mental generasi muda, membangun semangat juang yang tinggi serta membangun sikap sprotivitas dalam menghadapi tentangan. 
     
"Kita berharap LSN menjadi solusi jangka panjang dalam menjawab kerisauan kita akan prestasi sepak bola tanah air, semoga LSN menjadi wadah dalam pembinaan sepak bola khususnya dikalangan santri," ujarnya.
     
Sebelumnya Ponpes Riyadhul Mutaqin menang tipis 2-1 di laga final dari lawannya Ponpes Al-Fatah asal Kabupaten Sarolangun di ajang LSN Wilayah Regional Sumatera VI tahun 2018 di Jambi.
     
Pertandingan puncak tersebut berlangsung dramatis. Ponpes Riyadhul Mutaqin baru dapat merobek gawang Al-Fatah pada babak kedua menit 38 melalui tendangan bebas, M Idris.
     
Jual beli serangan pun terjadi, Al-Fatah akhirnya mampu membalas pada menit ke 40 melalui titik putih setelah salah satu pemain membuat pelanggaran di area terlarang. tendangan pinalti. Pemain tengah Al-Fatah Azi Fernando tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.
     
Pertandingan final di Lapangan Persijam Kota Jambi, Sabtu (14/7) sore itu jual terus mempertontonkan jual beli serangan. Namun tekanan pemain Riyadhul Mutaqin lebih berbahaya hingga membuahkan gol. 
     
Memasuki menit akhir waktu normal, Riyadhul Mutaqin mendapat tendangan pojok di kiri gawang Al-Fatah dan mampu dimanfaatkan Muhammad Helmi yang berada di mulut gawang dan langsung melesatkan tendangan ke arah gawang tanpa bisa dihalau kiper.
     
Dengan gol Muhammad Helmi Riyadhul Mutaqin kembali unggul 2-1. Hingga wasit meniup peluit panjang babak kedua kedudukan tidak berubah dan hasil tersebut menghantarkan Riyadhul Mutaqin ke Solo, Jawa Tengah di ajang LSN tingkat nasional.
     
Seperti diketahui, LSN Wilayah Regional Sumatera VI tahun 2018 di Jambi yang digelar 8-14 Juli 2018 itu diikuti sebanyak 31 Ponpes di Provinsi Jambi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018