Jambi, Antaranews Jambi - Kendaraan hias pada pawai taaruf MTQ ke-48 Provinsi Jambi mencerminkan ciri khas dan budaya dari setiap kabupaten dan kota. 

Untuk memeriahkan pawai taaruf, setiap kabupaten dan kota mengirimkan satu unit kendaraan hias. Setiap kendaraan hias yang di tampilkan mengangkat tema kebudayaan dan ciri khas dari setiap kabupaten dan kota. 

Kabupaten Tanjung Jabung Barat misalnya, daerah itu mengangkat tema mandi shafar pada kendaraan hias yang mengikuti pawai taaruf MTQ tersebut. Mandi shafar merupakan tradisi dari masyarakat di daerah itu yang dilakukan dalam kalender arab pada bulan shafar. 

Kabupaten lain seperti Kabupaten Tanjab Timur yang memamerkan miniatur perahu dan ikan cempakul. Kendaraan hias tersebut mencerminkan aktifitas masyarakat di daerah itu yang sehari-hari menggunakan perahu. Sementara ikan cempakul merupakan ikan yang banyak di jumpai di daerah itu saat air laut surut. 

Kabupaten lain pun menjadikan icon daerah masing-masing untuk dijadikan tema pada kendaraan hiasnya. Seperti Kabupaten Tebo dengan miniatur masjid Agung Al Ittihad, Kabupaten Merangin dengan wisata berbunga dan Kabupaten Kerinci dengan Masjid Keramat. 

Selain itu, pada kendaraan hias tersebut juga di tampilkan pakaian adat masing-masing daerah yang di pergakan oleh muda-mudi sebagai seorang pengantin. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018