Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi H Fachrori Umar mengimbau masyarakat desa di wilayahnya untuk mengawasi penggunaan dana desa dengan ikut terlibat atau berpartisipasi terhadap perencanaan pembangunan.
    
"Masyarakat harus terlibat dalam pemanfaatan dana desa, mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan agar sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada," katanya di Jambi, Kamis.
    
Menurut Fachrori perlu penguatan peruntukan dana desa yang dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.
    
Sebab itu partisipasi masyarakat dalam perencanaan pelaksanaan dan pembangunan desa harus terus didorong dan ditingkatkan.
    
Karena katanya, partisipasi masyarakat juga menjadi penekanan dalam merumuskan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap desa, dan tidak sepenuhnya menjadi hak aparat pemerintahan desa untuk menentukan program.
    
Dikatakannya lagi, tujuan dana desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.
    
"Selama dua tahun ini, dana desa masih berkutat pada masalah administrasi pencairan dan pelaporan," ujarnya.
    
Menurutnya lagi, masyarakat menjadi pengawas terbaik dalam pemanfaatan dana desa tersebut.
    
"Keberhasilan implementasi yang tepat pada dana desa tentu akan menggerakkan perekonomian desa itu sendiri," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018