Jambi (Antaranews Jambi) - Api Asian Games 2018 menyeberangi Sungai Batanghari di Provinsi Jambi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera melalui jembatan Auduri II yang menghubungkan Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi, Jumat.
    
Api Asian Games melewati jembatan yang membelah Sungai Batanghari itu setelah sebelumnya disambut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar di Bandara Sultan Thaha Jambi yang sebelumnya di terbangkan dari Sumatera Barat.
    
Api Asian Games yang berada dalam tinder box itu menyeberangi Sungai Batanghari menuju Candi Muarojambi yang merupakan candi terluas di Indonesia dan Asia Tenggara.
    
Panitia lokal kirab obor Asian Games, Baharuddin mengatakan di kompleks percandian Muarojambi yang berada di Kabupaten Muarojambi tersebut, obor Asian Games akan dilakukan 'foto boot' dengan latar belakang Candi Muarojambi.
    
"Kemudian sekitar Pukul 14.00 WIB baru obor Asian Games tersebut akan dibawa oleh pejabat, mantan atlet nasional serta artis ibukota berkeliling marathon sejauh 10 Km secara bergantian dengan mengambil garis star atau mulai dari halaman rumah dinas Gubernur Jambi dan finish di kantor Gubernur Jambi dikawasan Telanaipura Jambi," kata Baharuddin.
    
Sekitar pukul 16.00 WIB, obor Asian Games tersebut dari Jambi akan diterbangkan menggunakan pesawat khusus menuju Palembang, Sumatera Selatan.
    
Berdasarkan rute yang dirilis protokol Pemprov Jambi, selepas shalat Jumat dari rumah dinas gubernur menuju kantor Gubernur Jambi di kawasan Telanaipura Kota Jambi sejauh 10,6 kilometer.
    
Dan pada Jumat sore ini dari Kantor Gubernur Jambi menuju Bandara Sulta Thaha sejauh 15 kilometer, untuk selanjutnya menuju Kota Palembang.
    
Sementara itu, dalam estafet yang dimulai dari rumah dinas gubernur menuju kantor Gubernur Jambi itu, delapan atlet senior asal Provinsi Jambi bergantian membawa api obor Asian Games 2018 . Artis ibukota Mario Lawalata dijadwalkan juga ikut berlari membawa obor tersebut.
   
Delapan atlet senior asal Jambi itu yakni Eliaser Waterbosi mantan atlet lari, Olsen Tiger mantan atlet polo air, Harry Maitimo mantan atlet tinju, Baharuddin mantan atlet silat (pelatih) dan Rasima mantan atlet dayung.
    
Kemudian Frisca Ira Wibowo mantan atlet wushu, Helen atlet senam dan Khaidir mantan atletik. Saat ini semua mantan atlet itu rata-rata berprofesi pelatih dan wasit.
    
Setelah dibawa delapan mantan atlet Provinsi Jambi sesuai rute itu, Sekda Provinsi Jambi M Dianto dan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis As menjadi orang terakhir membawa obor tersebut yang kemudian diserahkan ke Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar di lapangan kantor gubernur Jambi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018