Jambi, Antaranews Jambi - Penyaluran Dana Desa (DD) di Kabupaten Batanghari memasuki tahap terkahir dari tiga tahap penyaluran bantuan dana itu. 

"Kendati penyaluran dana desa  tersebut alami keterlambatan, namun diyakini pembangunan di desa tetap berjalan sesuai rencana tahapan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Batanghari Akmaludin di Muarabulian, Rabu. 

Sesuai dengan tahapan penyalurandana desa , seharusnya tahap ketiga sudah mulai di salurkan pada bulan Juli yang lalu. Meski mengalami keterlambatan, namun tidak mempengaruhi percepatan pembangunan di desa yang bersangkutan. 

Penyaluran tahap terkahir atau tahap ke tiga tersebut sebesar 40 persen dari seluruh dana yang akan di salurkan pada tahun 2018. Sebelumnya telah di salurkan tahap pertama sebesar 20 persen, dan tahap kedua sebesar 40 persen dari total yang akan di salurkan. 

Akmaludin mengatakan, hingga bulan September ini, Sembilan puluh sembilan persen dana  tahap kedua telah di salurkan ke kas desa. Sehingga telah memenuhi syarat pengajuan usulan pencairan dana tahap ketiga atau tahap terakhir.

"Penyaluran  tahap ketiga dapat dilakukan minimal 70 persen tahap kedua telah di salurkan, dan syarat itu telah terpenuhi," kata Akmaludin. 

Saat ini pemerintah daerah itu tengah mengusulkan penyaluran  tahap terkahir dari pemerintah pusat ke kas daerah, yang selanjutnya di salurkan ke kas tiap-tiap desa. 

Sementara itu, dari Rp88 miliar total dana desa yang akan di salurkan, pada tahap pertama dan tahap kedua dana tersebut telah di salurkan sebesar Rp53 miliar lebih. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018