Jambi, Antaranews Jambi - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki posko unik , "Posko Siaga Air" yang terapung di atas aliran Sungai Batanghari tepatnya di kawasan Seberang Kota Jambi, memiliki potensi wisata edukasi kebencanaan bagi masyarakat khususnya para pelajar.

Di tempat yang berukuran sekitar lima kali enam meter tersebut tinggal petugas jaga BPBD, sedangkan di bagian bawahnya berjejer perahu dan speedboat operasional Basarnas dan  BPBD provinsi itu yang ditambatkan.

Bangunan apung itu memiliki ketinggian sekitar tiga meter dari pemukaan air. Sementara itu enam buah tiangnya yang dilapisi pernekel tertumpu pada ponton untuk bisa mengapung di atas air.

"Bila air surut atau naik bangunan itu ikut naik, bisa pula dibawa ke manapun di aliran sungai itu untuk jadi posko," kata salah seorang petugas di sana.

Posko Siaga Air BPBD Probvinsi Jambi itu merupakan satu-satunya bangunan posko yang ada di aliran Sungai Batanghari langsung. Bangunan bercat oranye khas warna BPBD tersebut saat ini tertambat berjejer dengan sejumlah dermaga perahu penyeberangan di sana.

Namun posisinya yang lebih tinggi dan berwarna terang, terlihat jelas termasuk juga terlihat dari Jembatan Gentala Arasy yang merupakan salah satu ikon wisata di Kota Jambi.

Bangunan itu menjadi termasuk salah satu bangunan unik di aliran Sungai Batanghari dan bisa menjadi lokasi wisata edukasi, khususnya bagi para pelajar untuk mengetahui dan tahu potensi bencana di lingkungannya.***




 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018