Jambi, Antaranews Jambi - Empat desa di Kabupaten Batanghari pada Kamis (27/9) melaksanakan pemilihan kepala desa dengan sistim Elektronik Voting (E Voting) tahap kedua. 

"Empat desa yang melaksanakan pilkades e-voting tahap dua ini yakni Desa Tapah Sari, Belanti Jaya, Danau embat dan Desa Kampung Baru," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa Akmaludin di Muarabulian, kamis. 

Empat desa yang melaksanakan pilkades e bkting tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Mersam, Maro Sebo Ilir dan Maro Sebo Ulu. 

Pada pelaksanakan pilkades tahap kedua ini seharusnya di laksanakan oleh lima desa. Namun satu desa pelaksanaanya di tunda karena sampai saat ini masih terkendala oleh penetapan calon kepala desa. Desa yang ditunda pelaksanaan pilkadesnya yakni Desa Batu Sawar yang berada di Kecamatan Maro Sebo Ulu. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD daerah itu M Mahdan mendesak agar pemerintah dapat segera mengatasi permasalahan tersebut. Karena pelaksanaan pilkades di Desa Batu Sawar tersebut sudah dua kali di tunda. 

"Pertama kita menyesalkan akan kejadian di tundanya pilkades di desa Batu Sawar tersebut," kata M Mahdan. 

Menurut Mahdan seleksi calon kepala desa harus di lakukan secara selektif dan bertahap sesuai peraturan yang berlaku. Ia juga menyayangkan keputusan panitia pemungutan suara di daerah itu yang menetapkan calon kepala desa secara akumulasi tidak secara bertahap dan selektif. 

"Terlepas siapa calonnya, kalau sesuai dengan syarat dan peraturan yang di tetapakan, calon tersebut harus diluluskan," kata Mahdan menambahkan. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018