Jambi ( Antaranews Jambi ) -  Kepala Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Asbar Novendra menerima penghargaan dari Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

"Alhamdulillah saya bersama istri saya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dataran Kempas menerima penghargaan itu, atas keberhasilan menjadi yang terbaik pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jambi 2018," kata Asbar Novendra ketika dihubungi di Bandara Soekarno Hatta saat dalam perjalanan kembali ke Jambi, Senin.

Penghargaan yang diraih atas keberhasilan menjadi juara Lomba Desa dan Kelurahan dan penggerak PKK tingkat Provinsi Jambi itu diberikan pada  acara Temu Karya Nasional dalam rangka Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) di Kompleks Garuda Wisnu Kencana, Badung Provinsi Bali, Jumat, (19/10).

Acara itu dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ketua Umum TP PKK, sejumlah kepala daerah dan kepala desa dari 34 provinsi di Indonesia. Bupati Tanjabbar H Syafrial dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjabbar juga hadir pada acara itu.

Ia menyebutkan, keberhasilan Desa Dataran Kempas menjadi yang terbaik dalam lomba desa tingkat Jambi itu, merupakan sukses dan atas kerja keras seluruh elemen masyarakat di desa itu serta dukungan penuh dan fasilitasi pendampingan dari pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Provinsi Jambi.

Selain Asbar, pada rombongan penerima penghargaan itu ia juga didampingi istrinya serta pengurus Badan Perwakilan Desa (BPD).

"Ini pengalaman luar biasa bagi kami dan warga Dataran Kempas, kami senang bisa bertemu dan sharing pengalaman dan program bersama kepala desa dari seluruh Indonesia yang hadir di acara itu," katanya.

Ia mengaku menyempatkan diri melakukan diskusi dengan mereka dan menjalin jejaring.

Sebagai Kepala Desa Dataran Kempas, ia mengapresiasi atas dukungan penuh dari berbagai pihak mulai warga, BPD, tokoh masyarakat, Kecamatan Tebing Tinggi, Pemkab Tanjabbar dan juga Pemprov Jambi.

Salah satu keberhasilan Desa Dataran Kempas antara lain dalam pemberdayaan masyarakat di desa itu yang berandil meningkatkan pendapatan keluarga antara lain hadirnya usaha pengolahan pupuk organik berbahan pelepah pohon sawit, budidaya tanaman obat, pengembangan peternakan sapi dan kambing di perkebunan sawit serta budidaya ikan di lahan sawit.***



 

Pewarta: Mirza / Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018