Jambi (Antaranews Jambi) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Jambi menanggung seluruh biaya operasi Erlangga Saputra, atlet Wushu yang mengalami patah tangan kanannya saat bertanding dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi 2018.

"Kita tanggung seluruh biaya operasi dan perawatnya, karena atlet tersebut telah didaftarkan menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi, Mayriwan Ekaputra di Jambi, Rabu.

Erlangga Saputra yang memperkuat kontingen Wushu Tanjungjabung Barat itu mengalami cidera patah tangan saat bertanding dalam nomor sanda (tanding) berhadapan dengan atlet Bungo beberapa waktu lalu.

Saat mengalami cidera itu, Erlangga Saputra langsung dilarikan ke salah satu rumah sakit di Kota Jambi untuk menjalani operasi pada tangan kanannya.

"Saat ini kondisinya sudah membaik dan bisa pulang, dan ini sampai dinyatakan sembuh oleh tim medis biaya operasi dan perawatannya BPJS Ketenagakerjaan yang tanggung," katanya.

Meskipun masih pelajar kelas tiga SMA itu, Erlangga yang memperkuat kontingen cabang olahraga bela diri itu telah didaftarkan menjadi kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk menghindari risiko saat bertanding dan latihan.

Olahraga beladiri menutur dia, juga memiliki risiko terutama untuk nomor tanding sehingga perlu mendapat perlindungan. Sebab atlet juga merupakan profesi aktif (pekerja) yang punya hak sama untuk mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Karena atlet juga profesi aktif, seharusya seluruh atlet juga diwajibkan untuk diwajibkan terdatar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya menambahkan.***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018