Jambi, Antaranews Jambi – Sebanyak 32 orang Kepala Desa (Kades) diwilayah Bahar sambangi kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Muarabulian guna menyampaikan aspirasi masyarakatnya.

Aspirasi masyarakat yang disampaikan oleh puluhan kepala desa tersebut terkait keluhan masyarakat mengenai pelayanan PLN di wilayah Bahar. Menurut salah seorang kepala desa, sejak empat bulan terakhir kerap terjadi pemadaman listrik secara berulang, hampir setiap hari pemadaman listrik tersebut terjadi.

Akibatnya peralatan elektronik milik masyarakat banyak yang alami kerusakan. Selain itu, sebagian besar aktifitas masyarakat yang beragntung dengan listrik jadi terhambat.  

“Dalam satu hari bisa terjadi lima sampai sepuluh kali pemadaman listrik dan parahnya dalam 24 jam paling lama listrik hidup hanya empat sampai lima jam,” kata Kepala Desa Mekar Sari Makmur Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muarojambi Budiyono di Muarabulian, selasa.

32 orang kepala desa yang sampaikan aspirasi masyarakatnya ke kantor PLN tersebut merupakan kepala desa yang tergabung dalam forum kepala desa wilayah Bahar. Terdiri dari kepala desa yang berada di tiga kecamatan di wilayah Bahar yakni, Kecamatan Bahar Selatan, Bahar Utara dan Bahar tengah atau Sungai Bahar.

Sementara itu, Kepala kantor PLN rayon Muara Bulian Ery Adhityo mengatakan “Terjadinya pemadaman listrik tersebut disebabkan oleh dua hal, pertama pemeliharaan dan yang kedua gangguan dan pemadaman listrik yang terjadi diwilayah bahar tersebut disebabkan oleh gangguan,” katanya.

Menurut pihak PLN gangguan yang terjadi diwilayah bahar tersebut disebabkan oleh tanaman dan tumbuhan yang berada di sekitar jaringan PLN menuju wilayah bahar yang cukup banyak. Mengingat jaringan PLN menuju wilayah bahar tersebut jaraknya cukup jauh dan sebagian besar melewati perkebunan.

Saat menyampaikan aspirasinya, sepuluh orang perwakilan dari forum kepala desa bahar melakukan mediasi bersama pihak PLN Rayon Muarabulian yang didampingi oleh pihak kepolisian.  Dari hasil pertemuan tersebut, forum kepala desa Bahar dan kepala kantor PLN Rayon Muarabulian sepakat untuk melakukan pemeliharaan jaringan PLN menuju wilayah Bahar.

“Kami dari forum kepala desa Sungai Bahar siap bekerjasama dengan pihak PLN untuk melakukan pemeliharaan jaringan, harapannya dalam satu minggu pemeliharan tersebut dapat terselesaikan,” kata Budiyono menambahkan.


 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018