Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar berharap kerja sama perdagangan antardaerah dapat mendorong peningkatan produk-produk Jambi baik dari sisi kualitas, kuantitas dan kontinuitas sehingga berimbas pada peningkatan perekonomian di wilayahnya.

"Harapan positif, Jambi lebih baik dengan adanya kerjasama yang diupayakan antardaerah," katanya usai menghadiri rakor pelaksanaan program kerja sama perdagangan produk unggulan antardaerah yang digelar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, Kamis.

Fachrori menaruh harapan dengan adanya keterbukaan informasi, produk atau hasil bumi maupun kerajinan suatu daerah, mampu untuk dikerjasamakan guna meningkatkan perekonomian masing-masing daerah.

"Seluruh provinsi dapat bekerjasama tentang hasil atau produk daerah," katanya.

Fachrori menegaskan kehadiran dirinya mengikuti kegiatan tersebut guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat khususnya Provinsi Jambi.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi, Apani Saharudin mengatakan kegiatan rutin yang dilakukan APPSI akhir tahun 2018 berguna untuk mengevaluasi kerja sama yang dilakukan antardaerah.

"Informasi potensi masing-masing daerah banyak sekali belum sampai ke daerah lain, dengan asosiasi ini saling membuka informasi untuk hal baik dengan melakukan kerja sama," kata Apani.

Menurut Apani, hasil bumi Jambi seperti karet, sawit, kelapa dalam maupun produk lainnya membutuhkan aliran distribusi barang dengan kelancaran di bidang perdagangan.

"Data kita sudah valid untuk hasil bumi kita siap kerja sama seperti kelapa dalam dan sawit. Untuk karet berkaitan hilirisasi yang perlu ditingkatkan juga kita sudah kerja sama dengan Jawa Timur dalam tataran bisnis dengan bisnis," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018