Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan momentum membangkitkan kembali dan lebih meningkatkan lagi semangat gotong royong, serta sebagai modal dasar dalam kesetiakawanan sosial. 

Saat peringatan HKSN tingkat Provinsi Jambi 2018 di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (15/12), Fachrori juga menyatakan kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap dan perilaku masyarakat yang berlandaskan pada kesadaran, tanggung jawab, kesetaraan, partisipasi sosial dalam mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah melalui semangat kebersamaan.

Fachrori mengatakan yang melatarbelakangi HKSN ini adalah jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial yang telah ditunjukkan oleh bangsa Indoneaia pada masa penjajahan, khususnya tahun 1948. 

Dimana pada tahun 1948, seluruh lapisan masyarakat bahu membahu dalam mempertahankan kedaulatan bangsa. Seluruh komponen bangsa bersatu dengan membentuk mata rantai perjuangan.

"Saat ini, kita tidak lagi berhadapan dengan perjuangan fisik berupa pertempuran, tetapi dihadapkan pada perjuangan dalam mengatasi beberapa permasalahan. Seperti menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka kematian ibu dan anak, penanganan narkoba, penanggulangan bencana, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya menjelaskan.

Fachrori berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengimplementasikan kesetiakawanan sosial secara nyata, dengan melakukan koordinasi bersama tim Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mendorong graduasi mandiri para penerima PKH. Dimana ratusan keluarga penerima manfaat PKH telah meningkat kesejahteraannya dan secara sadar keluar dari penerima PKH.

"Saya juga berterima kasih kepada seluruh pimpinan perusahaan yang turut serta dalam memberikan bantuan dan memberdayakan masyarakat melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR). Mudah-mudahan melalui sinergi yang baik dengan berbagai program dari pemerintah dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sosdukcapil) Provinsi Jambi, Arief Munandar mengatakan HKSN bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian, solidaritas dan rasa kesetiakawanan sosial. Puncak peringatan HKSN ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 20 Desember 2018 di Gorontalo.

"Kita berharap dengan adanya HKSN ini bisa memecahkan suatu permasalahan sosial pada masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi. Ini merupakan sebuah langkah dalam upaya memecahkan masalah sosial yang ada pada masyarakat, dan menumbuhkan rasa kemanusiaan, serta bisa mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi selama ini," kata Arief.

Pada peringatan HKSN tingkat Provinsi Jambi 2018, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar menyerahkan penghargaan kepada tiga daerah yang telah mendorong graduasi mandiri penerima PKH, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Tanjungjabung Timur dan Kabupaten Kerinci.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018