Jambi (Antaranews Jambi) - Harga ayam potong (broiler) dan cabai di pasar-pasar tradisional terbesar di Jambi mengalami penurunan disebabkan pasokan bertambah. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan berdasarkan hasil monitoring harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat pada, Selasa, daging ayam potong di Pasar Tradisional Angsoduo Jambi mengalami penurunan harga dari Rp32 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram disebabkan bertambahnya pasokan.

Kemudian cabai merah besar mengalami penurunan harga dari Rp16 ribu menjadi Rp14 ribu perkilogram. Cabai merah keriting turun dari hari Rp18 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram karena pasokan bertambah. 

Namun cabai rawit hijau mengalami kenaikan harga dari Rp12 ribu menjadi Rp145 ribu per kilogram disebabkan berkurangnya pasokan.

Sedangkan di Pasar Tradisional Simpang Pulai dan Talang Banjar, daging ayam broiler mengalami penurunan harga dari Rp33 ribu menjadi Rp31 ribu per kilogram. Kemudian cabai merah dari Rp16 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram disebabkan pasokan bertambah.

Cabai rawit hijau di dua pasar itu juga mengalami kenaikan dari Rp13 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram disebabkan berkurangnya pasokan.

Disperindag Provinsi Jambi memantau kebutuhan pokok sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No.115/M.DAG/PER/12/2015 untuk mengetahui perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat.
    
Sementara kebutuhan pokok lainnya dari pantauan Disperindag seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, bawang dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok masyarakat lainnya hingga saat ini terpantau tetap stabil.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019