Jambi (Antaranews Jambi)- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menahan penyebaran 2.231 amplop yang berisi Tabloid "Indonesia Barokah" yang dikirim oleh orang tak dikenal melalui Kantor Pos Jambi.

"Sudah kita tahan bersama kepolisian dan pihak Kantor Pos supaya tidak dikirimkan ke sejumlah daerah di Jambi," kata Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi di Jambi, Selasa.

Sebanyak 2.231 amplop yang berisi Tabloid Indonesia Barokah saat ini telah disegel dan diamankan di gudang Kantor Pos Jambi dan tidak disebarkan kepada alamat tujuan.

Dalam satu amplop itu kata dia berisi tiga eksemplar tabloid, sehingga jika semuanya berisi sama maka jumlahnya bisa mencapai 6.000 eksemplar tabloid.

Pada amplop tersebut tertera jelas alamat pengiriman yang dituju, yakni ke sejumlah pondok pesantren dan masjid di wilayah Provinsi Jambi.

Sedangkan nama dan alamat pengirimnya tidak ada atau hanya tercantum SIP: Redaksi Tabloid Indonesia Barokah, Melati, Bekasi.

Selain di Kota Jambi juga ditemukan pengiriman tabloid tersebut di sejumlah daerah di Jambi.

"Di Kabupaten Bungo yang sudah diamankan juga ada 265 amplop, di Kerinci ada 6 amplop, dan tadi pagi ada pengiriman lagi 17 karung yang isinya Tabloid Indonesia Barokah," kata Fachrul Rozi.

Dia mengatakan, Bawaslu RI dan Gakumdu pusat tengah mempelajari dan mengkaji temuan kasus tabloid tersebut karena kasus tersebut merupakan kasus secara nasional.

"Kami di daerah hanya melakukan pengawasan dan memastikan bahwa tabloid tersebut tidak tersebar, kita koordinasi dengan pihak pos supaya tidak mengirimkan ke alamat yang dituju," katanya.

Sementara itu, Manager Operasional Kantor Pos Jambi Andi Gusdanto mengungkapkan modus pengiriman yang dilapisi plastik tidak tembus pandang dan dibungkus amplop sehingga sekilas terlihat seperti surat biasa.

Pengiriman tabloid yang sekilas terlihat seperti pengiriman surat itu dikirimkan dalam jumlah yang banyak. Sedangkan alamat pengiriman tidak dicantumkan. 

"Sekarang sudah disegel dan diamankan oleh Bawaslu dan Kepolisian, intinya kita terus berkoordinasi supaya ini tidak tersebar," katanya menambahkan.



 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019