Tim UPBS kededai Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi melakukan pendampingan kegiatan penangkaran benih kedelai di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

"Kegiatan penangkaran benih kedelai yang dilaksanakan di Kabupaten Tebo seluas 41 hektar," kata peneliti BPTP Jambi Yardha di Jambi, Jumat.

Penanaman tahap per tama pada musim tanam  (MT) pada Bulan  Januari 2019 seluas 15 hektar di Desa Suosuo Kecamatan Sumay. Saat ini tanaman berumur 51 hari dengan penampilan yang cukup bagus.

Menurut dia diharapkan  pertumbuhan dan perkembangan pertanaman kedelai tidak terkendala sehingga benih yang dihasilkan berkualitas untuk dikembangkan di wilayah Provinsi Jambi pada umumnya.

Penanaman Tahap kedua musim tanam April 2019 di Desa Dusun Baru, Kecamatan VII Koto seluas 10 hektar. Saat ini kondisi tanaman bervariasi, sekitar 1 ha sudah ditanami, sisanya sedang melaksanakan penanaman dan masih pengolahan tanah. Perkiraan minggu pertama April ini seluruh lokasi sudah tertanami.

Selanjutnya lokasi Desa Suosuo seluas 16 hektar saat ini dalam melaksanakan pengolahan tanah, diperkirakan minggu kedua April 2019 akan dilakukan penanaman.

"Tidak kalah pentingnya adalah kelembagaan pendukung yang cukup menonjol dan menjanjikan, diantaranya kelembagaan tani milenial dan pencinta alam," kata Yadha.

Kedua kelembagaan ini sudah menghasilkan dan memberi nilai tambah untuk anggota kelompoknya baik komoditas pangan, hortikultura, maupun komoditas perkebunan (karet dan tanaman kehutanan).

Kelembagaan itu sudah membudidayakan tanaman pisang, jeruk, ternak kambing dan cetak sawah secara swadaya. Keberadaan lembaga ini perlu terus didukung oleh instansi terkait.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019