Wali Kota Jambi H Syarif Fasha menyatakan komitmennya untuk mendukung pengajuan gelar pahlawan nasional kepada Raden Mattaher dan akan memfasilitasi sesuai dengan kapasitas Pemkot Jambi.

"Salah satu syaratnya kelengkapan dokumen, pengkajian dan penelitian melalui seminar dan diskusi. Saya berharap pengajuan tahun ini bisa lengkap, dan kita akan berkoordinasi dengan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jambi," kata Wali Kota Syarif Fasha.

Ia menyebutkan, tahapan-tahapan pengajuan telah dilakukan secara khusus oleh Dinas Sosial Kota Jambi, untuk kemudian disinergikan dengan TP2DG Provinsi Jambi.

Menurut Fasha, kepahlawanan Raden Mattaher sudah banyak dibuktikan, termasuk dari beberapa literatur dan kutipan surat kabar Belanda saat itu tentang sosok panglima perang Jambi itu.

"Sudah sepantasnya pemerintah daerah berusaha  untuk mengangkat dan menghormati kepahlawannya, salah satunya dengan mengajukan menjadi pahlawan nasional," katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengapresasi perhatian dan dukungan dari berbagai kalangan terkait upaya pengajuan pahlawan nasional bagi Raden Mattaher itu.

Nama Raden Mattaher pernah diusulkan menjadi pahlawan nasional beserta dua sosok pejuang Jambi lainnya yakni Sultan Thaha Saepuddin dan Depati Parbo pada tahun 1976. Dan saat ini gelar pahlawan nasional baru untuk Sultan Thaha Saipuddin.**




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019