Pasokan listrik pada pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kota Jambi, Rabu (17/4)  tidak terkendala dari siang hingga malam hari.

Meski demikian, petugas pengawal genset PLN yang ditempatkan dan disiagakan untuk memasok listrik ke KPU Provinsi Jambi dan KPU Kota Jambi tetap siaga.

"Sejak hari pertama penempatan kami di sini (KPU Kota Jambi) belum ada kendala jaringan listrik. Praktis genset ini belum pernah dioperasikan," kata Nurhadi, petugas Genset di kawasan KPU Kota Jambi, Rabu.

Ia bersama tiga orang sejawatnya karyawan PLN Cabang Jambi siaga mengawal pasokan listrik di lokasi itu untuk memastikan proses dan tahapan pengolahan hasil pemungutan suara di kota itu berjalan lancar tanpa terkendala.

Genset berkapasitas 250 KvA tersebut, selain bersiaga juga terus dikontrol kondisinya, termasuk jaringannya.

"Bila tidak ada hujan listrik aman, kebetulan pada Rabu ini tidak ada hujan deras. Padahal hari-hari sebelumnya hujan turun cukup deras," kata Nurhadi.

Meski genset yang dikawalnya belum dioperasikan, namun ia mengaku tidak merasa jenuh. Sebaliknya dengan tidak dioperasikannya genset tersebut artinya pasokan listrik di Kota Jambi tidak ada kendala.

"Rencanaya kami back up di sini hingga 23 April mendatang, hingga tahapan penghitungan manual dan proses lainnya tuntas di sini. Harapan kami tidak dinyalakan atau dioperasikan, artinya alitan listrik tak ada kendala," katanya.

Ia menyebutkan genset tersebut untuk memback up bila terjadi pemadaman listrik dengan alasan tertentu, seperti faktor alam atau ada gangguan jaringan.

"Ini dioperasikan secara manual, bila ada terjadi gangguan jaringan, kita operasikan genset ini, sifatnya 'remanen' artinya butuh waktu beberapa saat sebelum maksimal memasok listrik. Tapi semuanya sudah dipersiapkan," kata Nurhadi menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019