Hoaks, informasi Sekjen PBB terkait pilpres di Indonesia

Sabtu, 27 April 2019 9:46 WIB

 Informasi yang diunggah sebuah situs mengangkat tentang ucapan selamat Sekretaris Jenderal PBB Pedro Coelho kepada salah satu paslon peserta pilpres 2019 dan mengatakan bahwa mereka telah mengikuti dengan seksama penyelenggaraan pemilihan presiden di Indonesia pada 2019.

Informasi tersebut seolah-olah mengutip berita yang dibuat oleh ANTARA yang mengutip berita dari Xinhua dengan menggunakan lokasi pembuatan berita di New York.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat menyatakan dengan tegas bahwa berita tersebut tidak benar. LKBN Antara tidak pernah membuat ataupun memuat berita tersebut.

Dari penelusuran yang dilakukan terdapat kejanggalan dalam pola penulisan berita tersebut yaitu Sekretaris Jenderal PBB saat ini adalah António Guterres yang menjabat sejak 1 Januari 2017 bukan Pedro Coelho.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum saat ini masih melakukan perhitungan suara manual atas hasil pemungutan suara yang dilakukan pada 17 April 2019 dan belum ada pengumuman resmi hasil perhitungan suara tersebut.

Cek fakta: KPU jelaskan waktu pemungutan dan penghitungan suara di TPS
Cek fakta: KPU tegaskan penghitungan suara manual yang sah dilakukan

Pewarta: Panca

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019

Terkait

Hoaks! Pesawat jatuh di perairan Nagekeo, NTT

Selasa, 23 April 2024 11:10

Pakar IPB nyatakan beras plastik hoaks

Sabtu, 14 Oktober 2023 1:50
Terpopuler