Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol Muchlis AS menyatakan, pasca pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Provinsi Jambi, situasi keamanan di daerah sangat aman dan kondusif .

"Pasca pelaksanaan PSU pada Sabtu 27 April lalu, kondisi Provinsi Jambi aman dan kondusif sampai saat ini dan pelaksanaan PSU di beberapa daerah di Jambi berjalan lancar," kata Kapolda Jambi, Muchlis AS, di Jambi usai  apel operasi kewilayahaan dan keselamatan di Jambi, Senin.

Kapolda meminta kepada seluruh masyarakat tetap menjaga kondisi yang aman tersebut pasca PSU, seperti pemungutan suara ulang di Koto Padang, Kota Sungai Penuh telah diadakan pada 27 April lalu dan pasca pemungutan suara ulang di sana situasi dan kondisi di Provinsi Jambi aman dan kondusif.

"Tidak terdapat gangguan kamtibmas dan yang menggangu situasi pemungutan suara ulang di sana," kata Muchlis AS.

Saat ini proses penghitungan suara di tingkat kecamatan polisi terus mengawal sampai pengiriman surat suara dari PPK ke KPUD.

Salah satu daerah yang menggelar PSU oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi ada di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung pada Sabtu lalu (27/4) digelar pada lokasi di SD Negri No 063/XI Desa Koto Padang.

PSU ini dilaksanakan, karena beberapa waktu yang lalu terjadi pembakaran kotak dan surat suara oleh sejumlah orang. Kasus ini saat ini masih ditangani oleh Bawaslu bersama aparat kepolisian.

Dalam pelaksanaan PSU tersebut, dijaga ketat aparat kepolisian, TNI, Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik, Asraf, KPU Kota Sungai Penuh, Bawaslu Kota Sungai Penuh, PPK, Panwascam, PPS, dan PPL, semua tertumpu di 3 TPS yang dilaksanakan PSU.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Dodi Sauptra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019