Untuk pertama kalinya dalam sejarah, empat tim Inggris bertemu bersamaan dalam final dua kompetisi elite Eropa yakni Liga Champions dan Liga Eropa pada satu musim.

Hal itu terjadi pada tahun 2019, yang mana dua tim Inggris Chelsea dipastikan melaga di final Liga Eropa menantang Arsenal. Kedua tim itu mengalahkan lawan-lawannya di semi final.

Arsenal ke final setelah unggul  agregat 7-3 setelah menang 3-1 pada leg kedua di Mestalla, kandang Valencia.

Dalam laga lainnya, keunggulan Chelsea pada pertandingan Jumat dinihari harus ditentukan dengan adu penalti setelah kedua tim seri 1-1 sampai waktu normal 90 menit berakhir dan babak perpanjangan 2x15 menit. Kedudukan adu penalti adalah 4-3 untuk Chelsea setelah dua penendang Frankfurt gagal memasukkan bola.

Sehari sebelumnya Tottenham Hotspors dipastikan menantang Liverpool pada final Liga Champions 1 Juni mendatang. Spurs dan Liverpool lolos ke babak final melalui pertandingan yang dramatis, ketika keduanya sempat ketinggalan defisit agregat gol dari lawanya.

Liverpool secara dramatis mengalahkan sekaligus menghancurkan dominasi Barcelona pada semifinal. Sedangkan Spurs menjungkalkan Ajax Amsterdam di kandang Ajax, Stasion Johan Cruyff, Belanda.

Seolah termotivasi oleh Liverpool dan Spurs di Liga Champions, Chelsea dan Arsenal tampil mati-matian pada babak itu.

Chelsea merupakan tim Inggris keempat sekaligus mencatatkan sejarah langka dan pertama bagi tim Inggris yakni berada di final kompetisi kasta satu dan dua Eropa sekaligus dalam satu musim.

Kepa Arrizabalaga dan Eden Hazard menjadi pahlawan kemenangan Chelsea setelah sang kiper menggagalkan tendangan terakhir Frankfurt pada drama adu penalti dalam laga leg kedua semifinal Chelsea melawan Eintracht Frankfurt di Stamford Bridge, Jumat pagi ini.

Pertandingan harus ditentukan dengan adu penalti setelah kedua tim seri 1-1 sampai waktu normal 90 menit berakhir dan babak perpanjangan 2x15 menit. Kedudukan adu penalti adalah 4-3 untuk Chelsea setelah dua penendang Frankfurt gagal memasukkan bola.

Chelsea pun melenggang ke final untuk menantang Arsenal yang menghempaskan Valencia



 

Pewarta: Syarif Abdullah/Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019