Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Jambi membentengi diri dari narkotika dengan menerima sosialisasi terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Senin.

Sosilisasi tersebut diikuti oleh purna paskibraka lintas sektor di provinsi itu di Jambi, mulai dari paskibraka angkatan tahun 90-an, 2001, 2016, 2017, 2018 dan juga dihadiri calon paskibraka tahun 2019.

“Acara ini merupakan tindak lanjut dari Memorendum of Understanding (MoU) antara PPI dan Badan Narkotika Nasional (BNN),” kata Waki Ketua PPI Provinsi Jambi Asmadi.

PPI provinsi itu bertekad terus menjadi generasi yang anti narkoba dan aktif mencegah narkoba masuk ke lingkungan masyarakat, terutama generasi penerus bangsa.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuat layaknya acara talk show, relawan anti narkoba BNN Provinsi Jambi Mochammad Farisi yang juga merupakan dosen fakultas hukum Universitas Jambi menjelaskan bahwa saat ini Jambi menduduki peringkat ke empat nasional status penyalahgunaan narkotika. Untuk itu dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat terutama generasi muda untuk terlibat dalam usaha P4GN baik dilingkungan sekolah maupun pergaulan sosialnya.

“Kita semua harus menjadi intelijen publik untuk menjadi mata dan telinga BNN untuk melakukan pengawasan, jangan sampai terjadi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kita,” kata Mochammad Farisi.

P4GN merupakan upaya sistematis berdasarkan data penyalahgunaan narkoba yang tepat dan akurat, perencanaan yang efektif dan efisien dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan warga negara dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba. Sehingga diperlukan kepedulian dari seluruh instansi pemerintah dalam upaya tersebut dengan mendorong satgas di instansi pemerintah menjadi pelaku P4GN secara mandiri.

Salah satunya yakni organisasi PPI, dimana Mantan dan anggota PPI diharapkan mampu menjadi pelopor dilingkungan tempat tinggalnya, sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait betapa bahayanya narkotika bagi generasi muda, generasi penerus bangsa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu tempat makan di daerah Kecamatan Telanai Kota Jambi, Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019