Suasana di kawasan Danau Sipin pada Minggu (30/6) beda dari biasanya, ribuan warga Kota Jambi dan sekitarnya hadir  menyaksikan Lomba Pacu Perahu Tradisional dan Perahu ketek berhias.

Warga Jambi memadati kawasan jogging track Danau Sipin dan bantaran danau itu untuk menyaksikan 'pesta' pertama olahraga air di Danau Sipin.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha dan Sekda Jambi H M Dianto tersebut menjadi daya tarik warga Kota Jambi sepanjang Minggu.

Suasana Danau Sipin yang biasanya sunyi senyap, pada akhir pekan itu ramai dengan tepuk tangan dan aplaus dari warga yang memperi apresiasi kepada para pedayung yang berlomba pacu perahu tradisional serta kontes 15 perahu ketek berhias.

Tak hanya di kawasan jogging track, penonton lomba pacu perahu juga rela meninton dari atas tebing yang berbatasan dengan pemakaman disana.

"Ini suasana beda di Danau Sipin, kami berharap gairah ini berlanjut dan tidak hanya sekarang ini saja," kata Darmawan, salah seorang pengunjung lompa pacu perahu itu.

Pemprov Jambi dan Kota Jambi sudah sepakat menjadikan danau yang berada di kawasan Telanaipura Kota Jambi tersebut menjadi destinasi wisata dan olahraga air yang akan menjadi andalan Jambi.

Sejak Minggu pagi hingga sore, masyarakat bertahan di kawasan Danau Sipin, terutama menjelang sore hari penonton terus bertambah sehingga petugas melakukan rekayasa arus lalu lintas jalan raya di kawasan itu.

Masyarakat begitu antusias dan bangga dengan kehadiran fasilitas wisata dan olahraga air di kawasan itu. Selain lomba pacu perahu, pada kesempatan itu juga dilakukan penjajakan olahraga jetski untuk di kembangkan di kawasan itu.

Tak hanya lomba, kegiatan lomba pacu perahu tradisional  yang digelar dalam rangka Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ke-618 dan HUT Pemkot Jambi ke-73 itu tak hanya menggerakan pariwisata, namun juga berimbas kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan menjual berbagai kuliner, minuman dan lainnya kepada para pengunjung.






 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019