Helikopter pemadam yang diperbantukan untuk membantu Satgas Karhutla Provinsi Jambi dilengkapi dengan kantong air atau "bamby bucket" berkapasitas 4.000 liter air sekali terbang.

 Helikopter yang datang itu bertipe MI8 MTV Reg EY 225 buatan Rusia milik BNPB, serta satu lagi  bertipe AA 355 F1 Reg PK - RTM. Keduanya akan bertugas di wilayah Jambi yang saat ini sudah sudah dilanda kebakaran lahan.

"Sebenarnya kita mengajukan tiga unit helikopter untuk Jambi, namun baru dua yang tiba. Satu lagi akan diperbantukan sesuai dengan kebutuhan di lapangan," kata Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliyansyah di Jambi, Sabtu. 

Pada kesempatan itu, BPBD melakukan pengecekan helikopter berikut awak dan perangkatnya. Helikopter tersebut saat ini telah berada di Bandara Sultan Thaha tepatnya di dekat Posko Crisis Center Karhutla Jambi. 

Helikopter menjalankan tugas pertamanya di Jambi melakukan pemadaman karhutla di Desa Arang Arang Kabupaten Muarojambi seluas 50 hektare yang merupakan lahan gambut dengan kedalaman tiga meter api didalam lahan gambut tersebut.

Berdasarkan data pantauan dari BMKG Sultan Thaha Jambi, pada Sabtu, dari citra satelit Terra & Aqua serta Suomi NPP di Provinsi Jambi terdapat belasan titik hotspot. Sebagian besar di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi yang telah berlangsung sejak sepekan terakhir ini. 

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019