Puluhan anggota Komunitas Berbagi Nasi (Bernas) Jambi membagikan nasi bungkus untuk masyarakat pinggiran yang ada di kota Jambi, Minggu (22/9).

Kegiatan ini dimulai dari kawasan Mesjid Raya Pasar Angsoduo kemudian menyisir jalanan kawasan Kota Jambi.

Abdoerrahman Sayuti, salah satu relawan yang tergabung di komunitas bernas menyebutkan kegiatan berbagi nasi merupakan kegiatan yang semata-mata hanya untuk sekedar berbagi kepada masyarakat menengah ke bawah yang kurang mendapat perhatian.

"Prioritas kami memberikan nasi bungkus kepada masyarakat yang membutuhkan. seperti pemulung, pengemis, tukang parkir, penjual yang sudah renta dan sebagainya", katanya.

Menurut dia, banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan bernas tersebut, baik manfaat untuk pribadi maupun kelompok.

"Masih banyak orang-orang yang kurang mampu, setidaknya dalam satu hari itu kita memberikan keringanan bagi mereka untuk satu kali makan,  mereka tidak memikirkan lagi. Manfaat untuk pribadi sanagat banyak saya dapatkan, diantara nya mengajari kita untuk lebih bersyukur, ikhlas dan ada satu kebahagiaan yang tidak pernah dirasakan oleh orang lain dan itu kita merasakan nikmatnya, yaitu nikmat berbagi.", Ujar Rahman.

Sesuai dengan namanya, Komunitas Berbagi Nasi adalah kumpulan para relawan yang peduli terhadap sesama dan lingkungan. komunitas ini dimulai sejak 2012.

Menurut salah satu penggagas komunitas berbagi nasi, Murtado, kegiatan ini bermula dari kepedulian beberapa orang saja hingga lama kelamaan banyak yang tergerak hatinya dan ikut bergabung.

"Nasi bungkus yang kami bagikan merupakan keikhlasan dari masing-masing anggota, kadang masing-masing mereka membawa satu atau dua bungkus nasi kemudian baru dikumpulkan. Biasanya ada juga beberapa donatur yang ikut menyumbang.", Ujarnya

Murtado menjelaskan kegiatan bernas ini rutin dilakukan setiap minggu sore. Untuk lokasi tidaka hanya di Pasar Angsoduo, kadang juga ke daerah Pasar Talang Banjar, Sipin, dan beberapa daerah lainnya. 

Selain dari berbagi nasi, juga ada kegiatan lainnya seperti berbagi buku dan makanan ke panti asuhan dan kegiatan lainnya.

Murtado menyampaikan harapan besarnya untuk komunitas berbagi nasi.

"Saya berharap, komunitas berbagi nasi ini kian berkembang, dan banyak donatur-donatur yang terbuka hatinya. Karna ini merupakan kewajiban kita sebagai sesama umat manusia", Tutupnya.

Pewarta: Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019