Sedikitnya 30 orang aparatur sipil negara (ASN) pengelola website organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mendapatkan pembekalan dan pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan pembuatan konten berita.

"Setiap OPD di Pemkab Tanjabtim telah memiliki website yang ke depan akan kami dorong agar berfungsi maksimal sebagai sumber rujukan berita dan informasi bagi publik. Untuk itu kami memfasilitasi pengelolanya dengan pelatihan jurnalistik terutama untuk meningkatkan kemampuan pembuatan konten berita," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanjung Jabung Timur Hermantony di Muarasabak Tanjab Timur, Jumat.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari penuh di Aula Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanjab Timur, para peserta mendapat pemahaman terkait teknik dan kaidah pembuatan berita untuk media online.

Kegiatan yang diisi dengan pemateri dari Kantor Berita Antara Biro Jambi serta Ketua Himpunan Wartawan Daerah (Hiwada) Tanjab Timur. Selain para pengelola website OPD,  kegiatan itu juga diikuti oleh sejumlah pewarta peliput berita di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanjung Jabung Timur Hermantony kegiatan itu untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas mereka dalam mengelola website di setiap OPD, serta adanya keseragaman style dalam penyajian berita dan informasi.

Selain itu, kata dia ke depan website yang dikelola di OPD masing-masing dapat mendukung dan menjadi rujukan terkait keterbukaan informasi publik sesuai UU Nomor 14 tahun 2008 serta dalam peningkatan pelayanan publik sesuai dengan UU Nomor  25 tahun 2009.

"Setiap OPD memiliki berbagai program dan kegiatan, sehingga diharapkan semua itu bisa diekspose dan diketahui oleh publik, sehingga kegiatan dan hasil pembangunan dan program pemerintah tersosialisasikan," katanya.

Untuk menyampaikan pesan tersebut, perlu ada kemampuan dari pengelolola website tersebut, terutama dalam memproduksi konten berita.

"Mereka sudah berjalan mengisi website, tapi masih perlu peningkatan kemampuan mereka dalam pembuatan konten berita, sehingga dilakukan pelatihan dengan mendatangkan praktisi jurnalistik," kata Hermantony.

Sementara itu Kepala Biro Antara Jambi Syarif Abdullah pada kesempatan itu menyampaikan  materi teknik pembuatan berita lempang atau staightnews serta ulasan terkait fotografi untuk media massa dan online.

Pada kesempatan itu juga disepakati beberapa hal terkait teknik dan cara penulisan berita yang baku yang akan diterapkan dalam konten berita di website OPD di Kabupaten Tanjab Timur itu.

Pelatihan juga diakhiri dengan kegiatan praktik penyusunan berita yang dipandu oleh Ketua Hiwada Tanjab Timur, Erpan Indriawan.

 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019