Wakil Presiden Ma’ruf Amin menutup Musyawarah Besar X Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila di Hotel Sultan Jakarta, Senin.

“Di depan para pemuda saya merasa kembali muda, bukan umurnya, tapi semangatnya karena semangat orang-orang muda inilah yang dulu membangun kesadaran tentang ke-Indonesia-an, kebangsaan, dan persatuan yang diwujudkan dalam Sumpah Pemuda,” kata Wapres Ma’ruf dalam sambutannya di Jakarta, Senin.

Wapres berpesan agar PP dapat menjadi organisasi kemasyarakatan yang dapat mengawal ideologi Pancasila tetap menjadi falsafah negara, sehingga menjaga negara dari ancaman separatisme, radikalisme dan terorisme.

“Semangat kita harus terus, bagaimana mengawal Pancasila agar tetap abadi, menjaga dari berbagai elemen bangsa yang ingin merusak keutuhan bangsa ini karena bagi kita NKRI adalah harga mati.

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin diangkat sebagai Anggota Kehormatan/Anggota Luar Biasa Ormas PP oleh Ketua MPN PP Japto Soerjosoemarno.

Dalam Penutupan Mubes X Ormas PP tersebut juga berlangsung acara penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pemuda Pancasila dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Musyawarah Besar X PP dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (26/10) dan berlangsung selama tiga hari hingga Senin. Dalam Musyawarah tahunan itu, Ormas PP mengangkat tema "Mengembalikan Marwah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”, dengan membahas mengenai evaluasi program kerja periode sebelumnya, merumuskan program kerja lima tahun mendatang, serta pemilihan pimpinan yang posisi ketua umumnya kembali dijabat oleh Japto Soerjosoemarno untuk ke-sembilan kalinya.

Mubes X merupakan musyawarah besar pertama dari Ormas PP yang dibuka oleh Presiden dan ditutup oleh Wapres. Selama Mubes, seluruh kader dan anggota Ormas PP mendapat pembekalan dari Kepala Staf Umum TNI Letjen Joni Supriyanto, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol. Condro Kirono.

Turut hadir dalam Penutupan Mubes X PP antara lain Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattallitti dan Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Ormas PP Japto Soerjosoemarno.

Baca juga: Jokowi sebut pilih kader Pemuda Pancasila jadi Menteri karena ini

Baca juga: Presiden minta maaf banyak pihak tak terakomodasi dalam kabinet

 

Pewarta: Fransiska Ninditya

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019