Armada bus kapsul "Trans Koja" pada tahap pertama akan melayani dua rute jalur jalan raya  di Kota Jambi yakni  Alam Barajo-Terminal Rawa Sari dan Alam Barajo-Simpang Kawat.

Dalam beberapa waktu ke depan rutenya akan diperluas ke jalur lainnya di kota itu seiring dengan penambahan jumlah bus yang akan beroperasi dan akan ditambah secara bertahap dalam waktu dekat ini.

Bus kapsul "Koja Trans"  beroperasi setelah diluncurkan secara resmi  oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha seusai peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman depan Kantor Wali Kota Jambi, Senin.

Tarif angkutan berbasis online tersebut pada bulan pertama beroperasi dikenakan  Rp1 , dan bulan berikutnya baru akan  berlaku harga tiket normal sekitar Rp5.000.

"Cukup bayar sekitar Rp5 ribu lewar e-money,  masyarakat sudah bisa menikmati layanan capsule bus ini, yang tentunya aman murah dan nyaman," kata Syarif Fasha.

Cara mendapatkan pelayanan Capsule Bus cukuplah mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi "Capsule Bus" pada playstore dan menyiapkan uang elektronik (kartu capsule bus), lalu memesan bus, kemudian akan dijemput oleh pengemudi sesuai dengan titik order berdasarkan rute yang tersedia pada aplikasi.

Ketika bus datang cukup dengan menempelkan uang elektronik di pintu masuk bus. Setelah sampai tujuan cukup menekan tombol "berhenti".

Kartu capsule bus bisa didapatkan di Bank BCA, Alfamart dan Indomaret di Kota Jambi.

Syahriza, salah seorang SMA Negeri 4  Kota Jambi mengatakan merasa senang dengan adanya bus berbasis online yang baru dioperasikan Pemerintah Kota Jambi tersebut.

"Ya tentunya senang, yang pertama karena tidak perlu lagi repot-repot nunggu lama di halte, selain itu fasilitasnya juga lengkap," katanya.

Inovasi teknologi digital ini dinilai akan sangat membantu masyarakat dalam mengunakan transportasi umum disamping fasilitasnya yang sangat memadai seperti AC, TV, CCTV 4 buah, fre Wi-Fi, USB Charger, kursi khusus disabilitas, tempat khusus barang, tong sampah, tombol henti, pintu darurat, pemecah kaca darurat serta GPS.

Pewarta: Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019