Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi mengajak untuk meningkatkan keterwakilan perempuan pada pilkada serentak 2020, dengan rangkaian kegiatan berupa sosialisasi pengawasan pemilu atau pemilihan dalam rangka peningkatan keterwakilan perempuan pada pilkada mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi R MPd, di Jambi, Sabtu, mengatakan sosialisasi dilakukan dengan menghadirkan peserta yang berasal dari perwakilan peserta dari organisasi perempuan, ormas perempuan, penggiat pemilu, dan perwakilan dari kecamatan se-Provinsi Jambi serta para kader pengawasan partisipatif Provinsi Jambi.

Bawaslu Provinsi Jambi mengajak para perempuan Jambi bisa berpartisipasi pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020.

"Keikutsertaan kaum perempuan sangat penting, apalagi berbicara keterwakilan perempuan ini harus bisa dilakukan secara bersama-sama, sebagai wujud kepedulian atas kualitas demokrasi yang lebih baik," kata Asnawi.

Dia berharap para peserta yang hadir dalam acara sosialisasi ini bisa ikut meramaikan perekrutan panitia pemilihan ad-hoc pada pilkada serentak tahun 2020. "Kalau bisa ada dari ibu-ibu juga bisa ikut menjadi panwascam, dalam rangka meningkatkan kuota 30 persen perempuan pengawas pemilu pada pilkada.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk Bawaslu juga mendukung adanya peran perempuan dari penyelenggaraan pilkada serentak ini.

Dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak secara luas kepada masyarakat, khususnya para perempuan di Jambi, untuk bisa bersama-sama Bawaslu mengawasi bahkan menjadi bagian dari pengawas pemilu/pemilihan kepala daerah.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019