Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi masih kekurangan personel untuk mengoperasikan  kapal yang baru diterima dari Korpolairud Baharkam Mabes Polri.

"Kita telah mengajukan penambahan personil untuk Ditpolair Polda Jambi kepada pimpinan dan mudah mudahan pada tahun depan ada penambahan sehingga bisa memaksimalkan anggota yang bertugas di kapal itu," kata Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Arif Budi Winova, di Jambi Rabu.

Penambahan personel l itu  dalam rangka meningkatkan pekayanan  profesionalisme kinerja Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi setelah mendapat bantuan sarana dan prasarana dari markas besar berupa tiga unit Kapal Patroli Cepat (KPC), kapal jenis RIB Intercept dan Ship Tender.

Dengan penambahan kapal tersebut, tentunya membutuhkan penambahan personel.

Saat ini jumlah personel yang dimiliki sebanyak 129 orang personel diantaranya 40 merupakan perwira, bintara dan polwan.

Untuk setiap kapal membutuhkan sedikitnya empat personil yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing dan kita membutuhkan penambahan sebanyak 20 personil untuk pengoperasian kapal tersebut yang nantinya akan diberikan pelatihan khusus.

"Saya sudah sampaikan hal itu kepada pimpinan dengan harapan ke depan kapal-kapal itu akan di beroperasional di wilayah perairan muara yang memiliki fungsi untuk mencegah tindak pidana di perairan, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk penegakkan hukum di perairan, sebagai sarana dan prasarana SAR,  membantu masyarakat dalam evakuasi apabila terdampak banjir serta kegiatan kepolisian lainnya," kata Budi Winova.

Secara umum Jambi memiliki perairan dalam seperti sungai dan anak sungai, dengan kondisi geografis itu kapal C2 dan C3 sudah tepat untuk ditempatkan di Jambi. Untuk kapal jenis C1 sendiri kita rasa masih belum tepat, dan dengan penambahan tiga unit kapal baru tersebut, Ditpolair Polda Jambi saat ini memiliki 18 unit kapal.

“Kami sangat berterimakasih kepada markas besar yang telah memberikan fasilitas ini. Tentunya ini menambah semangat kita untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat serta menambah semangat dalam profesionalitas anggota dalam bekerja,” kata Kombes Pol Arif Budi Winova.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019