PLN UP3 Jambi akan mengoptimalkan sistem Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dalam memperbaikan gangguan jaringan listrik  selama kegiatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Dalam rangka mendukung siaga Natal dan Tahun Baru, sistem PDKB dilakukan dalam  penanganan jaringan listrik ,” kata Manajer UP3 PLN Cabang Jambi Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Senin.

Dijelaskan Hanfi Adrhean, sistem PDKB dilakukan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, terutama saat perayaan natal dan tahun baru nanti. Karena pekerjaan atau pemeliharaan jaringan yang dilakukan tidak memadamkan arus listrik.

Selain itu, PDKB tersebut tidak hanya dimaksimalkan selama perayaan natal dan tahun baru. Di hari-hari biasa PLN UP3 Jambi tetap mengutamakan PDKB jika kondisi di lapangan memungkinkan untuk melaksanakan sistem itu.

Supervisor PDKB UP3 Jambi Ruby Cornelis mengatakan, PDKB tersebut tetap dilaksanakan secara rutin, namun pada operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataba) 2019, PDKB lebih diintensifkan.

“Targetnya dalam setiap bulan kita melakukan PDKB di 36 titik, selama natal dan tahun baru kita akan lebih intensif melakukan pemeliharaan jaringan agar tidak terjadi pemadaman,” kata Ruby Cornelis.

Pekerjaan yang dilakukan dalam PDKB diantaranya pemasangan travo baru, pemeliharaan komponen peralatan jaringan, pergantian isolator dan pemasangan alester.

Pada dasarnya PDKB tersebut dipilih PLN UP3 Jambi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan karena pekerjaan yang dilakukan tidak memadamkan aliran listrik.

Pada Senin (16/12) petugas PLN UP3 Jambi melakukan penyambungan CO Travo distribusi kepada pelanggan. Pemasangan tersebut dilaksanakan dengan sistem PDKB agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan. Pemasangan tersebut juga bertujuan untuk mendukung operasi Natal dan tahun Baru (Nataba).

Sementara itu, Ruby Cornelis menjelaskan, kondisi jaringan listrik di Kota Jambi saat ini dalam keadaan baik. Dan siap melayani kebutuhan listrik masyarakat selama operasi Nataba berlangsung.

“Meski jaringan dalam keadaan baik, kami akan tetap melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan jaringan secara rutin,” kata Ruby Cornelis.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019