Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah menjelang rilis data inflasi.

Pada pukul 10.26 WIB, rupiah bergerak melemah 36 poin atau 0,26 persen menjadi Rp13.902 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya di posisi Rp13.866 per dolar AS.

"Inflasi kemungkinan akan terkendali sesuai dengan apa yang diinginkan pemerintah, dalam beberapa waktu terakhir terdapat kekhawatiran yang besar bahwa tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sedang berada di tingkat yang rendah. Hal ini tercermin dari rendahnya angka inflasi," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis. 

Baca juga: Rupiah akhiri perdagangan tahun 2019 dengan "perkasa"

Pada Kamis siang ini, Badan Pusat Statistik (BPS) dijadwalkan merilis angka inflasi periode Desember 2019 sekaligus angka inflasi untuk keseluruhan tahun 2019.

Ibrahim menuturkan pasar juga memberikan apresiasi terhadap pemerintah dan aparat keamanan karena malam Tahun Baru 2020 cukup kondusif walaupun diwarnai dengan hujan lebat dan petir di mana-mana yang mengakibatkan banjir di Jabodetabek.

"Yang ditakutkan oleh pemerintah dan aparat keamanan adalah terjadi teror bom namun hal tersebut tidak terjadi mengakibatkan optimisme pasar kembali positif untuk stabilitas keamanan dalam negeri, sehingga arus modal asing akan kembali masuk di perdagangan awal tahun," katanya.

Baca juga: Rupiah diperkirakan menutup tahun dengan manis

Dari eksternal, ekonomi global di 2020 diprediksi akan kembali stabil setelah pasar optimistis bahwa kesepakatan perdagangan Fase I antara AS-China. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa fase pertama dari kesepakatan perdagangan Amerika dengan China akan ditandatangani pada 15 Januari 2019 di Gedung Putih.

Ibrahim memperkirakan rupiah pada Kamis ini akan bergerak di kisaran Rp13.863 per dolar AS hingga Rp13.905 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp13.895 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.901 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Senin pagi menguat empat poin
 

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020