Sejumlah Pemerintah Daerah yang melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Jambi saat ini sedang melakukan rekonsiliasi data hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Tes SKD CPNS di Jambi selesai dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2020, saat ini sejumlah kabupaten dan kota sedang melaksanakan proses rekonsiliasi data hasil seleksi SKD tersebut,” kata Kepala UPT BKN Jambi, April Koni di Jambi, Rabu.

Kabupaten yang saat ini sedang melaksanakan rekonsiliasi data tersebut yakni Kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Kerinci. Dimana rekonsiliasi data tersebut dilakukan dari tanggal 4 hingga tanggal 6 Maret 2020.

Dari hasil rekonsiliasi data tersebut nantinya akan diketahui peserta yang akan mengikuti tahapan seleksi CPNS selanjutnya, yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Dan untuk rekonsiliasi data instansi vertikal, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan Tinggi dan beberapa instansi vertikal lainnya dilakukan di Pusat.

“Untuk instansi vertikal rekonsiliasi-nya dilakukan di pusat, yang dilakukan di sini yakni instansi daerah yang masuk dalam UPT BKN Regional 7,” lanjut April Koni.

Menurutnya, persiapan tes SKB masih sama seperti persiapan tes SKD sebelumnya. Dimana tes SKB juga dilakukan dengan sistem yang sama, yakni dengan sistem CAT.

Begitu pula terkait lokasi tes SKB di Jambi masih dilakukan di tempat yang sama. Untuk tes SKB instansi vertikal di laksanakan di UPT BKN Jambi. Dan untuk tes SKB pemerintah kabupaten dan kota dilaksanakan di Jambi.

Sementara itu, sejumlah kejadian unik terjadi saat pelaksanaan tes SKD di Provinsi Jambi. Dimana terdapat ibu-ibu hamil yang sudah memasuki masa persalinan turut mengikuti tes SKD yang dilaksanakan di Kota Jambi. Beruntung ibu hamil tersebut tidak melahirkan saat melaksanakan tes SKD.

Selain itu, juga terdapat peserta yang pingsan saat hendak melaksanakan tes SKD tersebut, dan juga terdapat peserta yang celananya hampir melorot karena harus melepaskan sabuk celana-nya.

“Iya sejumlah kejadian unik tersebut mewarnai tes SKD di Jambi, dan kita bersyukur tes tersebut dapat berjalan lancar hingga selesai, selanjutnya kita persiapan untuk tes SKB,” kata April Koni.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020