Deputi Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Ir.Rifai,M.B.A melakukan pengecekan kesiapan pembangunan jembatan penghubung di Desa Singkawang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

“Saya bermaksud untuk melihat langsung kesiapan pemerintah daerah dalam pembangunan jembatan penghubung ini sebagai antisipasi bencana banjir serta menghindari terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” jelasnya di Batanghari, Senin.

Rifai menerangkan, ia sengaja datang untuk melihat persiapan pembangunan jembatan tersebut karena anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan jembatan penghubung yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jambi tidak sedikit. Karena alokasi dana tersebut diterima Pemerintah Provinsi Jambi dari BNPB RI dengan jumlah total mencapai Rp36,9 miliar.

Dimana kabupaten dan kota yang mendapatkan pembangunan jembatan dari alokasi dana tersebut yakni, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari, H.Bakhtiar, Sp mengatakan, selaku Pemerintah Kabupaten Batanghari ber-terimakasih atas bantuan dari BNPB RI tersebut. Karena jembatan tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Pembangunan jembatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik itu akses perjalanan untuk anak sekolah, kendaraan bermotor dan memudahkan masyarakat untuk menuju dari desa satu ke desa lainnya," terang Bakhtiar.

Selain itu, pembangunan jembatan tersebut akan memudahkan akses di lima desa, diantaranya Desa Singkawang, Kelurahan Sridadi, Desa Terentang, Desa Jangga Baru dan Desa Bulian Baru.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020