Satu orang pasien PDP di Kota,Jambi terkonfirmasi positif Virus Corona (COVID-19), Wali Kota Jambi Syarif Fasha menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan lebih mematuhi imbauan dari pemerintah terkait protokol penanganan pandemi itu. 

“Berdasarkan hasil uji swab, satu pasien PDP Kota Jambi positif COVID-19, kepada masyarakat untuk tidak panik dan patuhi instruksi yang diberikan pemerintah,” kata Syarif Fasha di Jambi, Rabu.

Fasha berharap masyarakat Jambi, khususnya warga Kota Jambi dapat mematuhi dan metaati instruksi dari pemerintah terkait dengan percepatan pencegahan penyebaran COVID-19. Mengingat saat ini sudah terdapat satu orang pasien positif COVID-19 didaerah itu.

Seperti menjaga social distancing dan physical distancing, tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Memakai masker jika terpaksa melakukan aktifitas di luar rumah. Sering mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Terkait dengan terkonfirmasi-nya pasien positif COVID-19 di daerah itu, Syarif Fasha meminta agar masyarakat tidak panik. Karena gugus tugas COVID-19 Kota Jambi telah melakukan Tindakan pencegahan penyebaran COVID-19 di rumah dan lingkungan pasien yang dinyatakan positif tersebut.

Gugus tugas COVID-19 Kota Jambi telah melakukan penyemprotan di rumah, lingkungan rumah dan kawasan komplek perumahan pasien yang dinyatakan positif. Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Jambi juga telah melakukan tracking terhadap orang-orang yang berhubungan dengan pasien. Meski demikian, Syarif Fasha menghimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Selain itu, Syarif Fasha meminta agar orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien yang dinyatakan positif tersebut untuk memeriksakan dirinya di fasilitas layanan Kesehatan terdekat. Terutama rekan-rekan pasien saat mengikuti tabligh akbar di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Meski kita telah melakukan tracking terhadap orang yang pernah berhubungan dengan pasien, namun tidak menutup kemungkinan ada yang terlewatkan. Syarif Fasha menghimbau agar warga yang pernah berhubungan dengan pasien untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan Kesehatan terdekat.

“Jangan takut dan jangan malu, jika sayang dengan keluarga segera hubungi petugas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan, jika malu di datangi petugas silahkan pergi ke fasilitas layanan Kesehatan terdekat,” kata Syarif Fasha.

Selain itu, Syarif Fasha turut menghimbau agar masyarakat tidak mengucilkan keluarga pasien positif COVID-19 tersebut. Karena pemerintah telah melakukan tahapan sterilisasi dan keluarga terdekat pasien positif COVID-19 sudah dilakukan pemeriksaan dan dilakukan rapid tes.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020