Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tanjabbar memanfaatkan betul nomor kontak ponsel orang dalam pemantauan (ODP) tekait pencegahan pandemi di daerah itu.

"Ya kami mendata mereka yang masuk ODP, baik identitas maupun nomor kontak ponselnya. Kita optimalkan dan lakukan komunikasi sehingga kondisi mereka terpantau," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penangnaan COVID-19 Tanjabbar Taharuddin Tahir, Rabu.

Menurut Taharuddin, sejumlah orang yang masuk ODP maupun PDP wajib untuk memberikan nomor kontak ponselnya untuk memudahkan penanganan mereka, sehingga lebih efektif.

"Mereka kan harus isolasi 14 hari itu, nah kita pantau terus, mereka juga proaktif komunikasi ke tim kesehatan," kata Taharuddin.

Pria yang juga Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Tanjabbar itu juga menyebutkan, gugus tugas meningkatkan efektifitas koordinasi dengan menggunakan IT.

Sebagian ODP sudah menyelesaikan masa isolasi mereka, baik mereka yang baru datang dari luar daerah maupun warga yang terpaksa harus isolasi mandiri.

"Ya, tracking dilakukan setiap ada hasil rapid test itu," katanya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerinta dalam pencegahan COVID-19 yakni mengenakan masker saat di luar rumah, di rumah saja, cuci tangan lebih sering, hidup bersih dan sehat serta menghindari kerumunan orang atau jaga jarak.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020