Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat angka Ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan I-2020 tumbuh 1,65 persen dimana pertumbuhan itu didorong dari pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi.

Pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi tumbuh sebesar 15,16 persen sedangkan dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah yang tumbuh sebesar 12,33 persen, kata Kepala BPS Provoinsi Jambi, Wahyudin melalui keterangan resminya yang diterima, Rabu.

Kemudian lagi ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan I-2020 mengalami kontraksi sebesar 4,05 persen. Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 3,83 persen.

Sementara dari sisi Pengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga yang meningkat signifikan sebesar 2,61 persen.

Struktur ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan I-2020 didominasi oleh pertanian, kehutanan dan perikanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB, yakni sebesar 29,43 persen. Diikuti oleh pertambangan dan penggalian sebesar 16,25 persen sementara pada sisi pengeluaran, PDRB banyak digunakan untuk komponen ekspor sebesar 73,53 persen namun terkoreksi impor sebesar 47,5 persen.

BPS juga mencatat ekonomi Provinsi Jambi triwulan I-2020 terhadap triwulan IV-2019 menurun -4,05 persen. Pertumbuhan terjadi hanya di beberapa komponen PDRB Pengeluaran saja.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen PK-LNPRT yang tumbuh sebesar 2,61 persen, diikuti oleh pertumbuhan PK-RT sebesar 0,10 persen sedangkan komponen lain mengalami penurunan pertumbuhan.

Sementara itu struktur perekonomian Sumatera secara spasial pada triwulan I-2020 masih didominasi oleh provinsi lumbung energi. Tiga Provinsi dengan share terbesar adalah Provinsi Sumatera Utara sebesar 23,97 persen, Riau dengan share sebesar 22,08 dan Sumatera Selatan sebesar 13,45 persen.

Provinsi Jambi bila dilihat dari distribusinya terhadap PDRB Sumatera berada pada peringkat tujuh yaitu sebesar 6,21 persen, kata Wahyudin dalam keterangan resminya.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020